JawaPos Radar

Pelabuhan Makassar Lengkapi Fasilitas Jelang Arus Mudik

31/05/2018, 16:32 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Pelabuhan Makassar
Kondisi Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar jelang arus mudik Lebaran, Kamis (31/5). (Sahrul Ramadan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV bersiap menyambut arus mudik Lebaran 2018. Kesiapan teknis salah satunya dilakukan di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Kota Makassar.

Humas Pelindo IV Makassar Anna Mariani mengungkapkan, pihaknya telah merampungkan seluruh fasilitas. Termasuk perluasan terminal yang mampu menampung hingga 4 ribu penumpang.

"Itu terdiri dari gedung Terminal Lounge Anging Mammiri yang tersambung ke kapal melalui garbarata, travelator, terminal khusus untuk pedagang kaki lima, DCS dan connecting bridge," jelas Anna kepada JawaPos.com di Makassar, Kamis (31/5).

Di terminal juga terdapat fasilitas kursi tunggu, ruang kesehatan, wifi dan ruang menyusui. Adapula fasilitas untuk difabel seperti jalur khusus, toilet dan kursi roda. Fasilitas lainnya seperti charging box, toilet penumpang dan buruh, ruang salat, ruang merokok, anjungan air siap minum, ruang membaca dan ruang bermain anak.

Fasilitas mendasar itu ditujukan bagi seluruh penumpang yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran. Berdasarkan data 2016 silam, total keseluruhan penumpang mencapai 105.713 orang. Rinciannya, penumpang naik 57.277 orang dan penumpang turun 48.436 orang.

Pada 2017, jumlah penumpang berkurang menjadi 97.626 orang. Dengan rincian penumpang naik 50.013 orang dan penumpang turun sebanyak 47.613 orang. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan jika tahun ini jumlah penumpang kembali mengalami perubahan.

Terkait dengan keamanan, Pelindo IV berkoordinasi dengan seluruh stakeholder pelabuhan untuk membentuk Posko Lebaran. Posko akan bakal diberlakukan mulai H-15 sampai dengan H+15. Tujuan pokoknya adalah menjaga keamanan. "Jadi penumpang dapat memperoleh informasi secara lengkap di posko terpadu yang dibentuk atau kepada para petugas," jelasnya.

Terminal penumpangpun telah dilengkapi CCTV di 20 titik untuk terminal 1. Kemudian 16 titik di lokasi terminal 2 yang terkoneksi langsung dengan Kementerian Perhubungan di Jakarta dan Polres Pelabuhan Makassar.

"Ada juga X-Ray yang telah dipasang Pelindo IV. Ada tim security, KPLP, polda juga menurunkan K9 untuk membantu mendeteksi bilamana ada barang-barang bawaan penumpang yang mencurigakan. Serta AL laut untuk mengantisipasi terorisme," jabarnya.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up