alexametrics

Begini Langkah Dishub DKI Menghadapi Arus Mudik Lebaran 2018

31 Mei 2018, 14:05:55 WIB

JawaPos.com – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mulai melakukan serangkaian upaya untuk mengantisipasi arus mudik Lebaran. Di beberapa terminal besar, Dishub mengecek kondisi kendaraan hingga kesehatan sopir bus.

Kepala Dishub DKI Jakarta Andri Yansyah menyebutkan, sebanyak 752 unit bus yang tak lolos pengujian ramp check dari 1.975 unit bus Antar-Kota Antar-Provinsi (AKAP) yang dilakukan sejak Desember 2017. Para pemilik pun diberikan kesempatan untuk memperbaiki kendaraannya.

“Kita masih memberikan kesempatan dia untuk perbaiki tapi kalau seumpanya uda H-8 masih begitu ya terpaksa kita kandangin ya,” ujarnya di Balai Kota, Kamis (31/5). 

Begini Langkah Dishub DKI Menghadapi Arus Mudik Lebaran 2018
Ilustrasi. (Siti Fatonah/ JawaPos.com)

Dia mengaku akan mendirikan posko terpadu angkutan lebaran. Misalnya, inspeksi keselamatan angkutan lebaran yang bekerja sama dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) yang sudah dilaksanakan sejak 7 Mei hingga hari ini.

Sementara itu, untuk posko kesehatan dan tes urine akan dilaksanakan bersama Dinas Kesehatan dan Badan Narkotika Provinsi (BNP) DKI Jakarta. Tes bagi para sopir itu mulai dilakukan pada 7-24 Juni.

“Kita beri kepastian agar para sopir itu tidak terkena narkoba, diterminal kita juga siapkan posko keamanan dengan bekerjasama dengan TNI, Polri, Satpol PP, dan unsur masyarakat,” sebut Andri.

Menurutnya, jika melihat dari jarak dan tujuan bus harus mempunyai minimal dua sopir. Hal itu juga mengacu kepada standar operasional prosedur (SOP) bahwa sopir hanya kuat menyetir selama empat jam. “Sopir kuat membawa empat jam, empat jam ganti, empat jam ganti,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : (yes/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Begini Langkah Dishub DKI Menghadapi Arus Mudik Lebaran 2018