alexametrics

Pemkot Surakarta Antisipasi Kemacetan Jelang Puncak Perayaan Imlek

31 Januari 2022, 18:16:02 WIB

JawaPos.com–Pemerintah Kota Surakarta berupaya mengantisipasi kemungkinan kemacetan jelang puncak perayaan Imlek pada Senin (31/1) malam.

”Sore sudah kami tutup, mulai pukul 18.00 WIB. Ditutup mulai dari pertigaan BI (Bank Indonesia) sampai pertigaan Warung Pelem Jalan Urip Sumoharjo, ditutup dengan barikade,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Hari Prihatno seperti dilansir dari Antara di Solo, Senin (31/1).

Dia mengatakan, pengalihan lalu lintas juga akan dilakukan di sejumlah ruas jalan untuk menghindari pusat keramaian Imlek di depan Kelenteng Tien Kok Sie Solo. ”Jadi supaya tidak menumpuk di Jalan Jenderal Sudirman, kemudian ada ruang parkir yang sudah kami sediakan, di antaranya di Benteng Vastenburg dan Balai Kota Surakarta,” terang Hari Prihatno.

Menurut dia, penutupan kawasan pusat keramaian tersebut diharapkan bisa mengurangi kerumunan warga yang ingin menikmati lampion dan ingin swafoto di sana. ”Kalau nggak ditutup kan kendaraan muntel (padat) seperti tadi malam (30/1). Itu kan memang penggawean (pekerjaan) rutin, hanya berhenti dua tahun karena Covid-19,” ujar Hari Prihatno.

Sementara itu, Ketua Panitia Imlek Bersama 2022 Surakarta Sumartono Hadinoto mengatakan, sesuai dengan arahan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, penyalaan lampu lampion hanya akan dilakukan mulai pukul 17.00–21.00 WIB. Di area lampion akan disiapkan agar flow (arus) dan jumlah yang swafoto dan menikmati lampion bisa diatur.

”Nanti akan disampaikan imbauan agar prokes ketat, pakai masker, dan jaga jarak,” ucap Sumartono Hadinoto.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads