alexametrics

Terinspirasi Sinetron Faisol Tipu Warga, Modus Bangun Pos Kemanan

31 Januari 2019, 22:30:32 WIB

JawaPos.com – Aksi penipuan yang dilakukan Faisol, 38, selama satu tahun akhirnya terbongkar. Warga Ogan Komering Ilir (OKI) ini akhirnya dilaporkan ke Polsek Ilir Timur (IT) I Palembang. Pelaku telah merugikan warga hingga puluhan juta.

Kini, Faisol harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dan mendekam di tahanan Polsek IT I Palembang.

Tersangka, Faisol mengaku penipuan yang dilakukannya yakni bermodus membangun pos keamanan, yang mana dirinya meminta sumbangan kepada para penyewa ruko yang baru sehingga belum mengetahui siapa Ketua RT nya.

Ia pun kemudian mengajukan proprosal kepada para penyewa tersebut. Dalam sehari, ia pun mendapatkan uang sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu yang mana uangnya buat membeli rokok dan narkoba jenis sabu.

“Saya melakukan ini karena terinspirasi dari sinetron pak dan Youtube,” katanya saat ditemui di Polsek IT I Palembang, Kamis (31/1).

Akhirnya, aksinya ini diketahui warga. Lantaran, sudah hampir satu tahun tidak juga dibangun pos pengamanan sebagaimana yang ada dalam proposal tersebut. Akibatnya, ia pun dilaporkan warga dan akhirnya ditangkap.

“Saya membuat proposal ini tanpa sepengetahuan RT dan berpura-pura petugas dari RT,” singkatnya.

Sementara itu, Kapolsek IT I Palembang, Kompol Edi Rahmat membenarkan penangkapan tersebut. Penangkapan ini berawal dari laporan warga yang sering dimintai uang dengan modus memberikan proposal pembangunan poskamling.

“Karena warga merasa dirugikan sedangkan pembangunan tidak juga dilakukan akhirnya banyak warga pun melaporkannya,” katanya.

Pihaknya pun langsung melakukan penyelidikan dan didapati bahwa yang dilakukan oleh tersangka merupakan aksi penipuan hingga akhirnya petugas langsung bergerak dan langsung menangkap tersangka.

Dari penangkapan tersebut, pihaknya berhasil menyita barang bukti berupa proposal palsu, dan kwitansi dari tangan tersangka. “Akibat perbuatannya tersangka diancam dengan pidana empat tahun penjara,” tutupnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Alwi Alim

Terinspirasi Sinetron Faisol Tipu Warga, Modus Bangun Pos Kemanan