alexametrics

PTBA Bakal Bangun Jalur Kereta Sepanjang 38,35 Kilometer

31 Januari 2019, 22:55:14 WIB

JawaPos.com – PT Bukit Asam (PTBA) berencana bakal membangun jalur kereta sepanjang 38,35 kilometer. Hal ini untuk memudahkan pengangkutan batubara dari Kabupaten Ogan Ilir (OI) menuju Banyuasin.

Direktur Pengembangan Usaha PTBA Fuad Iskandar Zulkarnain mengatakan, pembangunan jalur kereta nantinya mulai dari Stasiun Simpang Ogan Ilir menuju Stasiun Perajen Banyuasin dengan kapasitas kereta angkut mencapai 10 juta ton per tahun.

“Jalur kereta ini nantinya akan melintasi tiga kabupaten dan satu kota yakni Kabupaten Ogan Ilir, OKI, Banyuasin dan Kota Palembang,” katanya saat ditemui di Pemprov Sumsel, Kamis (31/1).

Ia mengaku pembangunan jalur kereta memyusul meningkatnya target produksi batubara sebesar 30 juta ton per tahun dari semula hanya sekitar  25 juta ton per tahun. Tentunya, harus ada penambahan daya angkut agar dapat didistribusikan.

Saat ini, proses pembangunan masih dalam tahap mempersiapkan berbagai infrastruktur mulai dari perizinan dan lain sebagainya. Ditargetkan jalur kereta ini sudah dapat beroperasi pada 2023 mendatang.

“Selain membangun jalur kereta kami juga akan meningkatkan stockpile yang sudah ada saat ini,” tutupnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Sumsel, Yohanes H Toruan meminta agar sebelum membangun jalur kereta tersebut PTBA berkoordinasi terlebih dahulu dengan kabupaten/kota yang bakal dilalui. Sehingga, nantinya dapat disesuaikan dengan RTRW daerah setempat.

“Kami harap juga dalam melaksanakan proyek ini melibatkan tenaga kerja local sehingga berdampak pada ekonomi masyarakat sekitar,” tutupnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Alwi Alim

PTBA Bakal Bangun Jalur Kereta Sepanjang 38,35 Kilometer