alexametrics

Lakukan Pungli, Oknum Lurah Langsung Dicopot

31 Januari 2019, 18:30:12 WIB

JawaPos.com – Oknum Lurah Timbangan berinisial AB harus menerima sanksi tegas yakni pencopotan dari jabatannya. Dia  terbukti melakukan Pungutan Liar (Pungli) terhadap warga yang mengurus surat di kelurahan.

Pungli ini diketahui berdasarkan video yang beredar di Instagram, Rabu (30/1). Dalam video tersebut, oknum Lurah ini meminta uang administrasi sebesar Rp 50 ribu kepada warga yang meminta pengantar untuk membuat izin usaha.

Namun, pemohon (warga) menolak sehingga lurah tersebut tidak memberikan surat pengantar kepada warga. Akibatnya, terjadi adu mulut antar warga dengan lurah hingga akhirnya lurah meninggalkan kantornya.

Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) OI, Kasman Gani mengakui pencopotan yang dilakukan berdasarkan instruksi langsung dari Bupati OI, HM Ilyas Panji Alam. Hal itu sebagai efek jera bagi lurah lain agar semaksimal mungkin memberikan pelayanan.

“Ini tindakan tegas langsung dari Pak Bupati, Jika masih ada lurah yang melakukan pungli maka siap-siap untuk dicopot juga,” katanya, Kamis (31/1).

Ia mengaku memberikan pelayanan kepada masyarakat merupakan tugas sebagai ASN tanpa mengharapkan imbalan. Tugas ini sudah tertuang dalam sumpah jabatannya. Karena itu, jika melanggar tentunya ada sanksi tegas yang diterima oleh oknum ASN tersebut.

“Jadi kami imbau agar ASN memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Camat Indralaya Utara, Benhur juga ikut menyayangkan sikap yang dikeluarkan oknum lurah tersebut sehingga terkesan arogansi dalam melayani masyarakat. “Kedepan, saya harap kejadian ini tidak terulang lagi,” singkatnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Alwi Alim

Lakukan Pungli, Oknum Lurah Langsung Dicopot