alexametrics

Alasan Polda Sumut Tidak Lakukan Penahanan Terhadap Adik Wagub Sumut

31 Januari 2019, 17:07:36 WIB

JawaPos.com – Pihak Polda Sumatera Utara (Sumut) tidak melakukan penahanan terhadap Musa Idishah alias Dodi, Adik Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah alias Ijeck. Hal itu dikarenakan, Dodi kooperatif selama pemeriksaan yang dilakukan polisi.

Seperti diketahui, Dodi jadi tersangka alih fungsi hutan lindung menjadi lahan sawit. Ia diamankankan Selasa (29/1) malam. “Kami memandang bahwa yang bersangkutan ini tidak akan mengulangi perbuatannya, tidak menghilangkan barang bukti dan tidak melakukan penghambatan,” ujar Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Sumut, Kombes Rony Samtama di Polda Sumut, Kamis (31/1).

Alasan lainnya, kata Rony, karena ini merupakan bagian dari strategi penyidikan. Selain tidak di tahan, Polda Sumut juga tidak mencekal Dodi untuk ke luar negeri.

“Sepanjang yang bersangkutan itu kita anggap tidak berisiko untuk ke luar negeri, kita tidak akan melakukan pencekalan,” ungkapnya.

Polisi terus mendalami kasus ini. Jika terbukti, Dodi akan terancam dijerat dengan Undang-Undang Kehutanan.

Dodi diketahui menjabat sebagai Pimpinan di PT Anugerah Langkat Makmur (ALAM). Perusahaan keluarga Shah itu, juga pernah dipimpin oleh Wagub Sumut Musa Rajekshah.

Rony mengatakan, pihaknya juga akan memanggil semua pihak terkait. Tidak terkecuali, Wagub Sumut Musa Rajekshah dan ayah mereka H Anif Shah.

“Yang jelas, semua pihak yang berkaitan dalam mengusahai daripada kawasan hutan ini pasti kita mintai keterangan,” ujarnya.

Saat ini, polisi juga masih meneliti berkas-berkas yang diamankan dari dua lokasi yang digeledah. Pertama rumah Dodi dan Kantor PT ALAM.

Rony juga mengungkapkan, lahan yang beralih fungsi diketahui sudah mencapai 500-an hektar. Soal kepemilikan dua pucuk senjata dan ribuan peluru berbagai jenis, Rony mengungkapkan, pihaknya juga masih melakukan pendalaman.

“Kita berkoordinasi dengan intelijen, karena ini bagian dari Dirtintel, karena ini kewenangan Dirintel untuk melakukan verifikasi terkait dengan keberadaan senjata api dan amunisi yang ada di lokasi penggeledahan,”tandasnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : prayugo utomo



Close Ads
Alasan Polda Sumut Tidak Lakukan Penahanan Terhadap Adik Wagub Sumut