JawaPos Radar

Ratusan Jamaah Diprediksi Ikuti Salat Gerhana di Masjid Agung Solo

31/01/2018, 17:57 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Gerhana Bulan
ILUSTRASI (dok.JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Fenomena alam langka gerhana bulan total akan terjadi nanti malam. Sejumlah masjid akan melaksanakan salat gerhana untuk menyambut fenomena langka tersebut. Salah satu masjid yang juga akan melaksanakan salat gerhana yakni Masjid Agung Surakarta.

Pelaksanaan salat gerhana di Masjid Agung akan dilaksanakan mulai pukul 20.00 WIB atau setelah salat Isya. 

Sekretaris Takmir Masjid Agung Surakarta, Abdul Basid menjelaskan, salat gerhana ini menjadi ibadah yang rutin diadakan oleh Masjid Agung. Hal ini karena salat tersebut termasuk sunah dalam agama Islam.

Gerhana Bulan
Grafis Gerhana Bulan Total (Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)

"Untuk salat gerhana kali ini akan diadakan setelah salat Isya, nanti para jemaah akan diajak untuk ikut melaksanakan salat gerhana," terang Basid kepada JawaPos.com, Rabu (31/1). 

Mengenai jumlah jemaah yang akan ikut dalam salat gerhana akan diikuti banyak jemaah. Basid memperkirakan jumlah jemaah yang ikut mencapai lebih kurang 300 orang. Jemaah ini tidak hanya dari warga Solo saja. Tetapi ada juga jemaah yang datang dari daerah lain.

Mereka kemungkinan sengaja datang ke Solo untuk bisa menyaksikan gerhana bulan dan juga ikut melaksanakan salat gerhana di Masjid Agung. "Kalau biasanya jemaah salah Isya itu memang tidak sebanyak seperti salat Ashar dan Zuhur. Sekitar dua shaf, tapi kami optimis nanti yang akan ikut cukup banyak," katanya. 

Selain salat gerhana, nantinya juga akan diadakan kutbah yang akan dibawakan oleh Rizqon Aziz Assegaf. Sementara untuk imam salat gerhana yakni Muhammad Muhtarom yang tidak lain berlaku sebagai Ketua Takmir Masjid.

Sementara itu, Muhtarom sendiri mengungkapkan, bahwa fenomena langka ini bisa menjadi momen bagi umat manusia untuk semakin mendekatkan diri kepada Tuhannya.

"Ini adalah fenomena langka, dan kita berharap ini bisa menjadi momen untuk semakin dekat dengan Allah. Dan banyak bisa berdoa saat gerhana terjadi," ucapnya.

(apl/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up