alexametrics

CFN Solo, Arus Lalin di Overpass Manahan akan Diberlakukan Searah

30 Desember 2018, 12:12:19 WIB

JawaPos.com- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo akan melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan saat malam pergantian tahun Senin nanti (31/12). Salah satunya yakni ruas jalan di overpass Manahan. Nantinya arus kendaraan di sana diberlakukan untuk satu arah, dari selatan (Jalan dr Moewardi Kottabarat) menuju ke utara.

“Sedangkan yang dari utara seperti Jalan MT Haryono dan dari barat Jalan Adi Sucipto tidak bisa melintas di overpass Manahan,” terang Kepala Dishub Solo Hari Prihatno kepada JawaPos.com, Minggu (30/12).

Modifikisi pola arus lalu lintas itu dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat malam pergantian tahun. Terlebih lagi, nantinya Jalan Slamet Riyadi juga akan ditutup total mulai pukul 21.00 WIB sampai dengan pukul 01.00 WIB dini hari.

Rekayasa lalin Overpass Manahan Solo saat malam tahun baru
Denah rekayasa lalu lintas Solo dan kantong parkir saat malam pergantian tahun. (Dinas Perhubungan Kota Solo for JawaPos.com)

“Untuk pemberlakuan searah ini akan dimulai pukul itu juga (21.00 WIB, Red). Jadi bersamaan dengan penutupan Jalan Slamet Riyadi,” ucapnya.

Hari berharap, dengan adanya pemberlakuan arus searah ini masyarakat bisa mencari jalur alternatif lain saat ingin menuju ke daerah selatan. Dia memberikan rekomendasi jalan yang bisa dipilih masyarakat saat merayakan pergantian tahun.

 “Bisa lewat dari jalur Pasar Nongko atau dari jalan yang lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, untuk persiapan car free night (CFN) sendiri, Dishub juga sudah menyiapkan sedikitnya 22 kantong parkir. Kantong parkir itu berada di titik-titik menuju ke Jalan Slamet Riyadi. Dengan keberadaan kantong parkir tersebut, kendaraan tidak lagi menumpuk di satu lokasi saja.

“Kalau prediksi penumpukan kendaraan pada malam pergantian tahun ini, ya di dekat panggung-panggung kehormatan. Ada sekitar lima panggung yang akan didirikan saat CFN, salah satunya berada di depan Balai Kota Solo,” ucapnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : (apl/JPC)

CFN Solo, Arus Lalin di Overpass Manahan akan Diberlakukan Searah