alexametrics

Forkopimda Jatim Berkomitmen Cegah Klaster Pilkada

30 November 2020, 21:46:59 WIB

JawaPos.com–Jelang pilkada serentak pada 9 Desember, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Forkopimda Jatim, ketua KPU dan ketua Bawaslu Jatim, serta seluruh bupati/wali kota bersama Forkopimda dan ketua KPU di 19 kab/kota terus melakukan pemantapan sinergi dan koordinasi. Sinergitas dan koordinasi itu terus dilakukan sebagai bentuk komitmen seluruh elemen di Jatim agar penyelenggaraan pilkada berjalan tertib, aman, dan lancar, serta mencegah klaster baru Covid-19.

”Momentum ini sekaligus membuktikan konsistensi kita bahwa dalam Pilkada Serentak, Forkopimda dan seluruh elemen terkait lainnya terus mengupayakan secara maksimal mencegah klaster baru Covid-19 pada perhelatan pilkada,” tutur Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah mengungkapkan, Pemprov dan Forkopimda Jatim bersama KPU Jatim secara intens dan masif terus menyosialisasikan penerapan standar protokol kesehatan di setiap tahap pilkada, baik penyelenggara maupun peserta. Aparat keamanan juga terus berupaya maksimal agar situasi keamanan tetap kondusif mendukung gelaran Pilkada Serentak.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, indikator keberhasilan ideal pilkada adalah tingkat partisipasi pemilih yang tinggi. Dia berharap supaya setiap tahap pilkada berjalan lancar, angka pelanggaran/sengketa rendah, situasi pasca pilkada aman, damai, sejuk, serta tidak adanya lonjakan Covid-19.

”Polda Jatim melaksanakan patroli sinergitas TNI-Polri-Pemda selama masa tenang. Satpol PP nanti menurunkan alat peraga kampanye yang melanggar ketentuan, meningkatkan pelaksanaan patroli cyber dalam mencegah hoax, black campaign, hate speech dan lainnya.” Ujar Nico.

Selain itu, polda juga akan mengawal dan mengamankan proses distribusi logistik pilkada, mengantisipasi money politic, serta memperkuat anggota Polri yang bertugas dalam pengamanan pilkada dengan alat pelindung diri (APD).

”Kami juga menekankan agar segenap anggota Polri menjunjung tinggi netralitas dan integritas Polri. Seperti pesan Bapak Kapolri bahwa Polri bertugas untuk mengamankan penyelenggaraan pilkada dan mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan dalam setiap tahapnya. Sikap Polri adalah netral,” terang Nico.

Sementara itu, Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam mengatakan, persiapan dan distribusi logistik pilkada sudah dilakukan. ”Distribusi kotak suara, surat suara, dan semuanya sudah dilakukan. Sudah didistribusikan ke seluruh kabupaten dan kota di Jawa Timur,” ujar Chorul Anam.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika


Close Ads