alexametrics

Potensi Ekonomi Jabung Terhambat Teknologi, Pemkab Malang Cari Solusi

30 Oktober 2018, 17:28:29 WIB

JawaPos.com- Wilayah Kecamatan Jabung memiliki potensi sangat bagus di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, serta perikanan. Kawasan ini menjadi salah satu andalan untuk menggerakan roda perekonomian Kabupaten Malang.

Potensi di Kecamatan Jabung ini ditunjukkan dengan data yang dimiliki oleh kecamatan. Rinciannya, terdapat 59 kelompok tani, 13 kelompok peternak dan 6 kelompok budidaya ikan. Semua kelompok itu tersebar di 15 desa.

Plt Bupati Malang Muhammad Sanusi menjelaskan, segala potensi yang dimiliki Jabung, baik itu pertanian, peternakan dan perikanan, masih membutuhkan sentuhan teknologi. Mengingat saat ini teknologi menjadi sebuah kebutuhan untuk pengembangan potensi seuatu daerah.

Dia mencontohkan, ternak sapi perah di Jabung rata-rata per ekor baru menghasilkan 10 liter per hari. Padahal idealnya 20 hingga 25 liter per hari.

Bahkan di peternakan sapi perah milik perusahaan susu yang berdomisili di Kabupaten Malang bisa menghasilkan 32 liter per hari. “Sehingga jika melihat angka itu produktivitas sapi perah warga ini kalah jauh. Harus bisa mengejar ketertinggalan itu,” jelas Sanusi di Jabung, Selasa (30/10).

“Pemkab Malang melalui dinas-dinas terkait akan bantu carikan solusi dan kalau perlu memberikan bantuan agar produktivitas itu meningkat,” lanjutnya.

Tidak jauh berbeda, di sektor peternakan sapi potong, hasilnya dinilai juga masih standar. Melihat hal itu, Pemkab Malang akan turut mengelola potensi-potensi. Tujuannya agar nilai ekonominya bisa bertambah. Tidak terkecuali, sektor pertanian juga akan dikembangkan dan dicarikan solusi terbaik.

Mereka juga akan mengupayakan dan meningkatkan pengaplikasian teknologi dalam meningkatkan produktivitas produksi ternak. ”Kami upayakan terlebih dahulu lakukan kajian, cari solusi apa perlu bantuan, maka Pemkab akan bantu. Seperti juga sektor perikanan juga akan kami bantu. Teknologi juga, nanti akan dicari jalan keluarnya,” terangnya.

 

Editor : Dida Tenola

Reporter : (tik/JPC)


Close Ads
Potensi Ekonomi Jabung Terhambat Teknologi, Pemkab Malang Cari Solusi