alexametrics

Pegawai Pajak Kenakan Pita Hitam untuk Kenang Korban Lion Air JT-610

30 Oktober 2018, 15:47:05 WIB

JawaPos.com- Seluruh pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Timur III terlihat kompak mengenakan pita berwarna hitam di bagian lengan sebelah kiri, Selasa (30/10). Pita itu adalah wujud belasungkawa atas peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT-610 dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang di perairan Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10).

Kepala Bidang P2 Pelayanan Penyuluhan dan Hubungan Masyarakat DJP Jatim III Eko Budihartono mengatakan,, pemakaian pita hitam ini merupakan instruksi dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). “Mulai kemarin (Senin) sampai Jumat (2/11), Kemenkeu berkabung karena pesawat Lion Air JT610 jatuh. Ada banyak pegawai Kemenkeu yang menjadi korban,” ujarnya kepada JawaPos.com, Selasa (30/10).

Pada peristiwa nahas tersebut, setidaknya terdapat 21 pegawai Kemenkeu yang turut menjadi korban. Secara rinci yakni sebanyak 14 orang merupakan bagian dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP); 6 orang merupakan pegawai Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB); dan 3 orang merupakan pegawai Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). 

Lion Air JT-610
Infografis Pesawat Lion Air Jatuh. (Kokoh Praba Wardani/ JawaPos.com)

Dia menyampaikan, pihaknya juga baru saja melakukan doa bersama pada pelaksanaan upacarra Hari Uang Nasional yang diperingati setiap tanggal 30 Oktober. “Tadi waktu upacara kami panjatkan doa untuk temen-temen dari Kemenkeu yang meninggal,” jelasnya.

Selain itu, usai salat Duhur, pihaknya juga menggelar salat gaib. Eko melanjutkan, memang banyak pegawai Kemenkeu yang melakukan perjalanan ke Pangkal Pinang. Mereka mengambil  penerbangan pagi karena akan kembali bekerja setelah mengambil libur pada hari Sabtu dan Minggu. 

“Pegawai banyak ditempatkan di masing-masing daerah. Biasanya di luar daerah. Banyak yang pulang, Senin pagi balik. Tugasnya di sana. Kalau  dari direktorat lain, mungkin ada dinas perjalanan lain,” lanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Lion Air JT-610 jatuh di Laut Jawa, di wilayah Kerawang, Jawa Barat, Senin (29/10). Pilot sempat berkomunikasi dengan menara control untuk meminta return to base (RTB). 13 menit setelah lepas landas, pesawat itu hilang kontak.  Pukul 07.10 WIB, pesawat dinyatakan jatuh.

 

Editor : Dida Tenola

Reporter : (fis/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Pegawai Pajak Kenakan Pita Hitam untuk Kenang Korban Lion Air JT-610