JawaPos Radar

Tim Tanggap Darurat Pantau Aktivitas Gunung Barujari lewat CCTV

30/10/2015, 09:05 WIB | Editor: husain
Tim Tanggap Darurat Pantau Aktivitas Gunung Barujari lewat CCTV
AKTIVITAS MENINGKAT: Letusan Gunung Barujari atau yang dikenal anak Gunung Rinjani, Lombok, sejak Rabu (28/10) semakin meningkat. Erupsi Gunung Barujari tampak terus memuntahkan abu disertai gempa tremor. (Ivan Mardiansyah/Lombok Post/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Selama beberapa hari ke depan, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memprediksi masih ada kemungkinan terjadi letusan di Gunung Barujari. Prediksi ini mengacu pada pergerakan magma dari dalam gunung ke permukaan.

 

"Masih memungkinkan terjadi letusan lagi besok (hari ini, Jumat, red). Tapi kita juga tidak bisa pastikan," kata Kasubbid Pengamatan dan Penyelidikan Gunungapi Wilayah Timur Indonesia PVMBG, Devy Kamil Syahbana kepada Lombok Post (Jawa Pos Group), Kamis (29/10).

 

Melihat perkembangan keaktifan Gunung Barujari ini, PVMBG pun sudah menurunkan tim tanggap darurat sejak kemarin. Tim tanggap darurat itu langsung dari Bandung, Jawa Barat. "Baru tiba di Lombok hari ini (kemarin, red)," jelasnya.

Tim tanggap darurat rencananya akan melakukan pemasangan CCTV di sekitar bibir Gunung Barujari, di kawasan Pelawangan Sembalun, Lombok Timur. CCTV ini dibutuhkan untuk memaksimalkan pengawasan visual terhadap aktivitas Gunung Barujari.

"Dengan CCTV ini kita bisa memantau perkembangan secara visual gunung tersebut," tukasnya.

Karena meningkatnya letusan Gunung Barujari tersebut, petugas menutup seluruh jalur pendakian di Gunung Rinjani. Hal tersebut untuk menghindari aktivitas letusan yang membahayakan. (uki/r5/hsn/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up