alexametrics

Tangani Gempa Sulteng, Diperlukan Triliunan Dana

30 September 2018, 19:35:33 WIB

JawaPos.com – Pendanaan untuk menanggulangi dampak gempa di Sulawesi Tengah menjadi kendala tersendiri. Pasalnya, untuk penanganan dampak gempa Lombok saja saat ini belum selesai.

“Memerlukan dana triliunan kemudian ditambah dengan kebutuhan dana untuk penanganan darurat di Sulawesi Tengah,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Pramuka, Jakarta, Minggu (30/9).

Kendati demikian, BNPB tetap akan mendampingi dan memperkuat pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota dalam hal dana siap pakai. Sejauh ini, BNPB masih mengantongi Rp 560 miliar dana siap pakai.

“Kalau ada kekurangan pasti akan mengajukan kepada Kementerian Keuangan,” kata Sutopo. Selain bantuan pendanaan, BNPB juga melakukan bantuan teknis dan manajerialnya.

“Dukungan bantuan logistik, peralatan, tertib adminsitrasi juga akan dilakukan. Bantuan-bantuan kebutuhan untuk penanganan para korban dibelanjakan, diprioritaskan di Makassar kemudian segera diangkut menggunakan pesawat Hercules ke Palu,” terangnya.

Pemerintah pusat juga pasti mendampingi untuk menangani gempa di Sulteng. “Perkara dananya hampir 99 persen dari pemerintah pusat, nggak apa-apa tapi tetap pemerintah daerah dilibatkan,” imbuhnya.

Sutopo menambahkan, para korban meninggal dunia akibat gempa ini nantinya akan mendapat dana santunan. “Santunan duka cita bagi keluarga korban yang meninggal dunia 15 juta diberikan ke ahli waris dan diberikan ke Kemensos,” pungkasnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (dna/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Tangani Gempa Sulteng, Diperlukan Triliunan Dana