alexametrics

40 Korban Gempa Palu Dievakuasi ke Malang dengan Pesawat Hercules

30 September 2018, 22:08:24 WIB

JawaPos.com- Sebanyak 40 korban gempa Palu, Sulawesi Tengah yang selamat telah dievakuasi ke Malang, Minggu sore (30/9). Mereka tiba di Lanud Abdul Rachman Saleh dengan menaiki pesawat Hercules. Dari seluruh korban yang dievakuasi, 7 diantaranya merupakan atlet paralayang  Jatim. 

Komandan Lanud (Danlanud) Abdul Rachman Saleh Malang Marsekal Pertama (Marsma) TNI Andi Wijaya mengatakan, penumpang sebanyak 40 orang itu diberangkatkan dari Makasar. “Mereka semua evakuasi dari korban yang di Palu. Jadi mereka keluar dari Palu, dan memang ada yang dievakuasi karena luka-luka, salah satunya ada anggota dari paralayang,” ujarnya. 

Dia menyampaikan, berdasarkan info, ada sekitar 800 orang yang akan keluar dari Palu. Namun, pihaknya tidak bisa mengevakuasi semua korban secara bersamaan. “Ini memang kami wadahi untuk keluar dari Palu (untuk) evakuasi. Pesawat-pesawat yang membawa bantuan personil, medis, dan lainnya, kalau kosong diangkut dibawa ke Makasar,” katanya.

Dia mengaku belum mengetahui apakah akan ada kedatangan evakuasi korban lagi dari Makasar. “Belum pasti apakah akan ada kedatangan lagi. Yang jelas posko bantuan ada di Makasar,” sambung Andi. 

Andi mengungkapkan, dari 40 orang yang diterbangkan ke Malang, 7 diantaranya merupakan atlet paralayang dari Jatim. “Tim paralayang ada 7 orang dari Jatim. 2 yang terluka, semua dibawa ke rumah sakit untuk observasi lagi,” terangnya. 

Dia menjelaskan, pihaknya siap untuk diberangkatkan ke Palu lagi. Namun, pihaknya masih menunggu perintah dari pimpinan. “Bantuan siap setiap saat. Disini ada tujuh pesawat, siap. Tapi kami terkendala penerbangan,” jelasnya.

Untuk sementara ini, lanjut dia, pihaknya berusaha mengambil kru yang sedang menjalani pendidikan. “Kami panggil pulang untuk segera diterbangkan dalam rangka membantu di Palu,” pungkasnya.

 

Editor : Dida Tenola

Reporter : (fis/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
40 Korban Gempa Palu Dievakuasi ke Malang dengan Pesawat Hercules