JawaPos Radar

Pimpin Indonesia, Sandiaga Akan Revitalisasi Pasar

30/08/2018, 10:32 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Sandiaga Uno
BLUSUKAN: Sandiaga Uno saat mendatangi Pasar Beringharjo, Jogjakarta, Kamis (30/8). (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Bakal Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno sudah memiliki program untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satunya dengan memprioritaskan revitalisasi pasar tradisional.

"Kalau kami diberikan amanah, Pak Prabowo dan saya akan lebih meningkatkan revitalisasi pasar tradisional," kata Sandiaga Uno usai berbincang dengan para pedagang di Pasar Beringharjo, Kota Jogjakarta, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Kamis (30/8) pagi.

Sandiaga kemudian mencontohkan di DKI Jakarta. Dari 153 pasar tradisional di ibu kota, hampir 50 persen di antaranya sudah direvitalisasi. "Tapi kami ingin semuanya (pasar di DKI Jakarta di revitalisasi)," tukas mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Pemerintah mempunyai peran yang sangat besar dalam mengembangkan infrastruktur pasar tradisional. "Untuk pengelolaan di pasar (Beringharjo) ini sudah baik. Ada Kopas (Koperasi Pasar) juga," ucap Sandiaga.

Sementara itu, kehadiran Sandiaga Uno ke Jogjakarta sekaligus untuk mengikuti beberapa agenda. Seperti dialog Jogja Milenialpreneur di Angkringan Joglo, Jalan Sorowajan Baru. Kemudian silaturrahim dengan Ketua Umum PP Aisyiah di Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul. Serta berkunjung ke home industri Gerabah Kasongan, Bantul.

Ketua DPW Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Kota Jogjakarta Syaherman mengatakan, pedagang di pasar tradisional terus mengalami penurunan pendapatan. "Pembeli menurun, beberapa bulan, hampir tahunan menurun. Kalau saya perhatian daya beli masyarakat yang menurun," tuturnya.

Sandiaga Uno yang merupakan Ketua APPSI diyakini akan memikirkan nasib pedagang pasar tradisional. "Insya Allah beliau bisa mewujudkannya. Pasar tradisional adalah soko guru (pondasi) dari ekonomi rakyat, maka harus dilestarikan. Sudah terbukti pasar tradisional sangat membantu ekonomi rakyat," ucapnya.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up