JawaPos Radar

Polres Siak Amankan 2 Ton Bawang Merah

30/07/2018, 10:14 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Bawang Ilegal
Sekitar dua ton bawang merah tanpa dokumen karantina diamankan Polres Siak, Sabtu (28/7) lalu. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Aparat Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Siak mengamankan satu unit truk. Muatannya sekitar dua ton bawang merah tanpa dilengkapi dokumen karantina.

Truk dengan nomor polisi BA 9958 FF itu diamankan saat melintas di Jalan Lintas Buatan-Siak, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak, Riau. Penangkapan dilakukan pada Sabtu (28/7) lalu sekitar pukul 02.50 WIB.

"Kami mendapatkan informasi adanya truk yang melintas dengan muatan yang tidak wajar. Karena melihat hal mencurigakan, anggota Satuan Reskrim Polres Siak menghentikan mobil tersebut," ujar Kapolres Siak AKBP Ahmad David dalam keterangannya, Senin (30/7).

Setelah dihentikan, petugas melakukan pengecekan. Hasilnya didapati ada muatan bawang merah. Kendaraan tersebut dikemudikan seorang pria berinisial UR, 50. Sang sopir tidak dapat menunjukkan dokumen karantina. "Selanjutnya, kami bawa sopir dan truk itu ke Mapolres Siak guna dilakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut," tutur Ahmad David.

Apabila terbukti melanggar, sopir terancam dikenakan Pasal 31 ayat 1 dan 2 Undang-Undang RI Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan. "Kami akan berkoordinasi dengan Balai Karantina untuk tindak lanjutnya. Sementara masih kami lakukan pemeriksaan lebih lanjut," pungkas Ahmad David.

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up