alexametrics

Sampai H+10 Stasiun Gambir Sediakan KA Tambahan, Hari Ini 12 Kereta

30 Mei 2019, 12:54:01 WIB

JawaPos.com – Melonjaknya jumlah penumpang kereta api (KA), membuat stasiun Gambir Jakarta menambah daftar keberangkatan. Sebanyak 12 KA tambahan hari ini dioperasikan. Total ada 44 keberangkatan kereta dalam sehari di stasiun ini.

“Untuk ditanggal 30 ini di stasiun Gambir kita berangkatkan 44 kereta api, yang 32 KA reguler dan 12 KA tambahan,” ujar Kepala Stasiun Gambir Rizki Afrida di kantornya, Kamis (30/5).

Terhitung sampai dengan pukul 09.00 WIB tadi sudah ada 20.546 kursi yang terjual. Penambahan armada KA sendiri akan terus dilakukan hingga H+10 Hari Raya Idul Fitri. “Penambahan keretanya kita terus dari H-10 sampai H+10,” imbuh Rizki.

Rizki menuturkan, dari seluruh perjalanan kereta terbilang merata untuk semua tujuan. Tidak ada tujuan favorit yang menjadi fokus utama para penumpang. Oleh sebab itu, KA tambahan pun diberikan hampir menyeluruh ke semua tujuan. Antara lain, Bandung, Jogjakarta, Solo, dan Malang.

Pihak stasiun Gambir memprediksi puncak arus mudik akan berlangsung pada esok hari atau lusa. Penumpang KA diperkirakan akan semakin melonjak tinggi pada waktu tersebut. “Untuk puncaknya sendiri kita nanti tanggal 31 (Mei) atau tanggal 1 (Juni) kemungkinan akan lebih tinggi dari hari ini. Tapi hari ini juga sudah termasuk tinggi,” kata Rizki.

Khusus di hari ini, perjalanan KA masih memperlihatkan bangku kosong. Tercatat total kursi ada 21.254 namun, sampai dengan pukul 09.00 WIB tadi penumpang baru 20.654. Perjalan yang masih menyisakan kursi kosong yakni rute Cirebon dan Malang. “Jadi nanti kalau mau full nya itu di tanggal 1, 2, 3, 4 (Juni),” tambah Rizki.

Guna mengantisipasi lonjakan penumpang, stasiun Gambir turut menambah sejumlah fasilitas. Antara lain posko kesehatan, area bermain, mushola, ruang tunggu dengan tempat duduk yang nyaman dan instagramable.

Dari aspek petugas yang diterjunkan juga turut ditambah. Penambahan terjadi untuk petugas kesehatan dan petugas pengamanan. Adapula penambahan yang bersifat eksternal, yakni pihak stasiun bekerjasama dengan kepolisian untuk bantuan pengamanan berupa pasukan K9 hingga penjinak bom. “Untuk total (petugas tambahan) yang di Gambir hampir 100 orang. Termasuk dengan pramuka,” pungkas Rizki.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads