JawaPos Radar

Dua Mesin ATM di Salatiga Raib saat Sahur

30/05/2018, 16:42 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kasus Pembobolan ATM
ILUSTRASI Dua mesin ATM Bank BNI 46 di Kota Salatiga dibobol maling dalam semalam, Rabu (30/5) dini hari. (dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Dua mesin ATM Bank BNI 46 di Kota Salatiga dibobol maling dalam semalam, Rabu (30/5) dini hari. Belum diketahui jumlah uang yang raib pada kejadian ini, namun total kerusakan mesin pengambil uang diperkirakan mencapai Rp 120 juta.

Plt Kabag Humas Polres Salatiga, Kompol Ismail mengatakan, kejadian raibnya dua mesin ATM itu berlangsung pada jam sahur. "Dua mesin yang dicuri tersebut berada di Jalan Diponegoro," jelasnya, Rabu (30/5).

Ismail menyebut, lokasi yang pertama di ATM BNI depan SPBU Soka Kelurahan Sidorejo Lor, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. Lalu di kawasan Ruko daerah Kauman, depan Denpom Salatiga. Kedua lokasi tersebut berjarak sekitar setengah kilometer.

Pencurian tersebut, menurut Ismail, pertama kali diketahui oleh pegawai vendor ATM PT Advantage bernama Nugroho Agung. Dikatakan Ismail, saksi kala itu mengetahui hilangnya ATM dari sistem aplikasi DCT miliknya.

Sewaktu itu, saksi Nugroho mulai menyadari saat ATM di lokasi terdeteksi atau terbaca offline. Ponsel miliknya yang tersambung dengan aplikasi alarmnya juga berbunyi pada pukul 03.30 WIB. Setelah dilakukan peninjauan bersama rekannya, Nugroho mendapati ATM di depan SPBU Soka dalam keadaan rusak.

Mengetahui situasi tersebut, Nugroho langsung menghubungi security BNI Salatiga. Akan tetapi, tak selang waktu berselang sekitar pukul 04.00 WIB, ponsel miliknya kembali menginfokan ATM di kawasan Ruko Kauman juga offline. Baru setelah itu mereka melapor ke Polres Salatiga.

Ismail mengatakan, dari hasil olah TKP ditemukan satu unit ponsel merek iPhone diduga milik pelaku di lokasi kawasan Ruko Kauman. Adapun 20 lembar uang pecahan Rp 100 ribu yang terjepit mesin ATM. 

"Selain itu setelah dilakukan penyisiran ditemukan dua alat CD Room tempat ambil data transaksi uang dan mesin exit starter tempat ambil uang. Juga pegangan palu warna merah," jelasnya. Berdasar temuan barang bukti dan keterangan saksi, para pelaku pembobol ATM tersebut kini masih dalam pencarian petugas.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up