alexametrics

Angin Puting Beliung Mengamuk di Bangka Tengah, Empat Warga Terluka

30 Maret 2022, 19:49:23 WIB

JawaPos.com – Angin puting beliung menerjang wilayah Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung. Akibat peristiwa ini, 4 orang mengalami luka-luka. Dengan rincian 1 luka berat, dan 3 lainnya luka ringan.

Warga terluka akibat tertimpa bangunan yang ambruk setelah diterpa angin puting beliung disertai hujan deras. “Korban terkena reruntuhan material bangunan,” ungkap Kepala Seksi Logistik dan Peralatan BPBD Kabupaten Bangka Tengah, Sri Murtopo dalam keterangan tertulis, Rabu (30/3).

Hasil kaji cepat tim BPBD Kabupaten Bangka Tengah menyenutkan peristiwa itu berdampak pada kerusakan 118 unit rumah yang dihuni 118 KK. Selain itu 1 unit fasilitas ibadah, 1 unit balai kematian umat Tionghoa dan 1 unit pangkalan gas elpiji juga turut terdampak.

Kerusakan juga dilaporkan secara visual dari lapangan yang menunjukkan bagian atap rumah warga dan sejumlah pohon tumbang. Sebagai upaya percepatan penanganan darurat bencana yang dipicu oleh faktor cuaca tersebut, BPBD Kabupaten Bangka Tengah bersama dengan lintas instansi terkait telah berkoordinasi dan membantu warga membersihkan puing bangunan, pembersihan cabang dan ranting pohon yang tumbang serta upaya lain dalam pemulihan dini.

“Hari ini dilaksanakan apel di lapangan dilanjutkan gotong royong di tempat,” jelas Sri.

“Sementara masih didata berapa pengungsinya, karena sebagian mengungsi di kerabat,” tandasnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memberikan informasi prakiraan cuaca yang menyatakan bahwa hujan masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Bangka Tengah hingga esok hari.

Editor : Kuswandi

Reporter : Sabik Aji Taufan

Saksikan video menarik berikut ini: