alexametrics

JK Tuntut Rumah Sakit Terapkan 3 Hal

30 Maret 2019, 17:05:31 WIB

JawaPos.com – Rumah sakit (RS) di Indonesia harus menerapkan 3 hal mendasar. Pertama, kemampuan dan kapasitas dokter. Kedua, ketersediaan teknologi. Ketiga, kondisi pelayanan yang baik.

Hal itu diutarakan Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla (JK). “Kami mempunyai tiga syarat itu. Dokter yang cukup mampu, punya keahliannya, teknologinya yang tersedia, dan tentu hospitality-nya. Itulah tiga hal yang membuat rumah sakit maju,” sebut JK di sela peresmian Gedung Perawatan Ibnu Sina, Yayasan Wakaf Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Sabtu (30/3).

Seiring dengan berkembangnya teknologi, masyarakat secara tidak langsung tentu berharap agar mendapatkan pelayanan yang baik dan memadai saat berobat di RS. Kondisi itu yang mengharuskan setiap RS memiliki tiga syarat mendasar untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

“Walaupun dokter banyak tapi peralatan tidak ada, tidak akan mempunyai suatu kapasitas yang baik. Walaupun ada dokter dan teknologinya tetapi kalau layanannya tidak seperti yang diharapkan, maka juga akan dihindari,” terang Jusuf Kalla.

Di sisi lain, tolok ukur suatu daerah dikatakan baik ketika jumlah RS banyak. Namun orang-orang yang berobat di dalamnya sedikit. Sebaliknya jika kuantitas RS kurang ditambah banyak masyarakat yang mengantre berobat, maka daerah itu dianggap bermasalah.

JK berharap pemerintah daerah dan RS dapat bersinergi dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan. Begitu pula di Sulsel khususnya Makassar. Sebagai gerbang Indonesia Timur, Makassar diharapkan dapat menjadi daerah percontohan dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Makassar ini tentu kami tahu semua, rumah sakit cukup banyak. Karena itulah, saya selalu menganjurkan dan meminta pak gubernur mengaturnya. Bahwa salah satu keunggulan Makassar adalah layanan kesehatan terbaik untuk Indonesia bagian Timur,” tegas JK.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyatakan akan berupaya semaksimal mungkin bersinergi untuk dapat menerapkan pelayanan yang berkualitas dan bermutu di setiap RS. Penerapan selaras dengan rencana program bidang kesehatan yang dicanangkan. “Di bidang kesehatan terutama perbaikan gizi masyarakat, ketersediaan tenaga medis dan fasilitas terbaik,” imbuhnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Sahrul Ramadan


Close Ads
JK Tuntut Rumah Sakit Terapkan 3 Hal