alexametrics

Ditunggu Sebulan, Pencuri Helm Diringkus Saat Kembali Akan Beraksi  

30 Maret 2017, 01:05:31 WIB

JawaPos.com – Penantian panjang  satuan pengamanan yang bertugas di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang akhirnya membuahkan hasil. Kasus pencurian helm diparkirakan mahasiwa yang telah membuat resah warga kampus  berbulan-bulan akhirnya terbongkar.

Mereka berhasil  menangkap maling yang diidentifikasi bernama Wahyu Budiono (57), warga Jalan S Parman Jember yang tinggal di Graha Dewata, Kota Malang.

Wahyu tertangkap basah saat  mencuri sebuah helm  warna hitam di salah satu motor. Sempat membatah melakukan pencurian dengan alasan  helm tersebut milik anaknya yang kuliah di UIN, Wahyu akhirnya tak berkutik karena anaknya yang disebut kuliah di UIN itu tak kunjung datang.

Ia akhirnya digelandang ke Mapolsek Lowokwaru untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

 “Pelaku kita tangkap saat mengambil helm di parkiran. Bukan hanya sekali ini saja dia mencuri, tapi sudah berulang  kali, karena wajahnya beberapa kali tertangkap CCTV,” ujar Edi Setyo, Satpam UIN.

Terakhir, wajah laki-laki ini terekam cctv pada 4 Februari 2017 lalu, berdasarkan rekaman tersebut, Satpam pun melakukan peningkatan kewaspadaan dan mengenali wajah pelaku.

Tidak disangka, kemarin pagi, pelaku terlihat memasuki pintu gerbang kampus dengan berjalan kaki. Satpam membiarkannya, namun mereka menguntit dari belakang, baru sekitar pukul 11.30, pelaku mengambil sebuah helm dari motor, saat itulah satpam menangkap tersangka.

Saat dibonceng ke pos satpam, pelaku sempat berusaha melarikan diri dengan cara meloncat dari motor, namun satpam berhasil menangkapnya lagi.

Kapolsek Lowokwaru, Kompol Bindriyo membenarkan penangkapan tersebut. “Pengakuannya baru sekali mencuri helm dan sekali mencuri sepeda angin, tapi masih kita kembangkan pemeriksaannya,” ujar Bindriyo.

Pengakuan tersangka, helm dijual Rp 50 ribu, sementara sepeda angin dijual seharga Rp 400 ribu. (dan/nas/JPG)

Editor : Mohamad Nur Asikin

Ditunggu Sebulan, Pencuri Helm Diringkus Saat Kembali Akan Beraksi