alexametrics

Vanessa Angel Resmi Ditahan

30 Januari 2019, 16:29:56 WIB

JawaPos.com – Penyidik Polda Jawa Timur (Jatim) telah menyelesaikan pemeriksaan terhadap artis FTV Vanessa Angel. Selanjutnya, tersangka kasus dugaan prostitusi online itu resmi ditahan.

Kabid Humas Polda Jatim Frans Barung Mangera mengatakan, penahanan dilakukan dengan alasan objektif. Yakni, pasal 27 ayat 1 UU ITE yang dikenakan kepada Vanessa ancaman hukumannya di atas 5 tahun penjara.

Ada pula beberapa pertimbangan subjektif dari penyidik Cyber Crime. Pertama, penyidik menilai Vanessa telah menghilangkan barang bukti. Kedua, Vanessa dianggap melarikan diri. Ketiga, polisi menganggap sang artis telah mengulangi perbuatannya. “Semua itu (penilaian subjektif) akan terangkum dalam surat penahanan,” kata Barung di Mapolda Jatim, Jalan A Yani, Surabaya, Rabu (30/1).

Ditanya soal Vanessa yang telah menjalani pemeriksaan dengan kooperatif, Barung enggan berkomentar. Menurutnya, keputusan tersebut merupakan hak penyidik.

Selain itu, Barung menekankan pada ancaman hukuman yang termuat dalam pasal 27 ayat 1 UU ITE. Pasal itulah yang mendorong polisi memutuskan untuk menahan Vanessa. “Terhitung mulai hari ini (Rabu, 30/1) hingga 20 hari ke depan. (Soal penghilangan barang bukti) Itu syarat subjektif saja. Dikhawatirkan saja,” ucap Barung.

Selain Vanessa, penyidik juga kemungkinan menahan artis lain. Polisi akan memublikasikannya jika memang ada artis lain yang ditetapkan sebagai tersangka. “(Pengajuan penangguhan penahanan) Nanti diajukan pengacaranya, sebagai bentuk pendampingan,” tegasnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : Aryo Mahendro

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Vanessa Angel Resmi Ditahan