alexametrics

100 Kali Donor Darah, 3 Warga Batam Raih Penghargaan

30 Januari 2019, 13:15:56 WIB

JawaPos.com – Tiga warga Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), menerima Satya Lencana Kebaktian Sosial. Penghargaan yang diberikan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) itu sebagai bentuk terima kasih kerena telah melakukan donor darah lebih dari 100 kali.

Ketiga warga adalah Supriono, Ali Chosim, dan Muhammad Bilal. Supriono merupakan pegawai Pelatihan Kesehatan Dinas Kesehatan Batam. Saat ini, Supriono sudah pindah tugas ke Semarang. Ia telah mendorokan darahnya sebanyak 102 kali.

Kemudian Ali Chosim sebagai staf Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Batam Ia telah melakukan donor darah sebanyak 105 kali. Selanjutnya Muhammad Bilal sebagai Duta Palang Merah Indonesia (PMI) untuk Kepri, dan telah mendorokan darahnya sebanyak 105 kali.

Penyerahan penghargaan dilakukan dalam peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke-100 di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (26/1) lalu. “Acara itu diikuti 861 perwakilan dari seluruh Indonesia. Usia pendonor termuda 28 tahun, dan tertua berusia 75 tahun,” kata Bilal ketika dihubungi di Batam, Rabu (30/1).

Bilal menjelaskan, donor darah sangat membantu kinerja ginjal sabagai organ yang memproduksi sel darah merah. Seharusnya donor darah dapat dilakukan setiap 105 hari atau dua setengah bulan sekali sebagai bentuk pergantian sel darah merah di tubuh.

“Menjadi pendonor aktif adalah sesuatu hal yang positif. Selain membantu fungsi kesehatan ginjal, donor darah juga bisa dilakukan sebagai bentuk ibadah dalam menolong sesama,” terang Bilal.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Bobi Bani



Close Ads
100 Kali Donor Darah, 3 Warga Batam Raih Penghargaan