JawaPos Radar

Sambut GBT, Ormas Islam Ajak Salat Gerhana

30/01/2018, 02:56 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Gerhana Bulan
ILUSTRASI (Salman Toyibi/Jawa Pos.)
Share this image

JawaPos.com - Menyambut Gerhana Bulan Total (GBT), Rabu (31/1) Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam di Sumsel seperti FPI dan MUI Sumsel mengajak masyarakat untuk melakukan salat Khusuf atau sholat gerhana. 

Ketua FPI Sumsel, Habib Mahdi mengaku pihaknya telah menerima himbauan untuk melakukan salat gerhana atau salat sunnah Khusuf. Karena itu, pihaknya telah memberitahukan kepada seluruh anggotanya untuk melaksanakan himbauan tersebut, serta mengajak masyarakat ikut serta dalam pelaksanaan salat gerhana tersebut.

Ia menerangkan, nantinya pelaksanaan salat gerhana akan bergabung dengan masjid yang ada di Kota Palembang. "Mungkin nantinya akan terfokus di Masjid Daarul Muttaqien Pasar Kuto," singkatnya saat dihubungi JawaPos.com, Senin (29/1).

Sementara itu, Ketua MUI Sumsel, Aflatun Muchtar mengaku salat gerhana tersebut hanya sebatas imbauan. Karena itu, waktu dan pelaksanaan salat sunah Khusuf ini tergantung dari pribadi jemaah itu sendiri.

Kendati demikian, dirinya berharap masyarakat mengerjakan salat gerhana. Selain momen langka, gerhana bulan merupakan bentuk kekuasaan Allah SWT. "Untuk persiapan salat gerhana ini juga kami serahkan sepenuhnya kepada masjid, seperti masjid Agung," singkatnya.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sumsel, Alfajri Zabidi mengatakan Rabu, 31 Januari mendatang setiap belahan Indonesia dapat mengamati GBT. Karena itu ia berharap seluruh ormas Islam, masyarakat dan elemen lainnya dapat melaksanakan salat gerhana.

Menurutnya, GBT ini bukti kekuasaan Allah. Karena itu, dalam menikmati peristiwa ini dapat meningkatkan keimanan, kemudian disikapi dengan zikir, ibadah dan amal soleh.

"Karena itu, kami himbau seluruh umat Muslim ini melaksanakan salat sunnah ini. Namun, disesuaikan kondisi di daerah masing-masing. Kami juga sudah memberikan surat edaran setiap kanwil kemenag, KUA Kecamatan dan lain sebagainya untuk mengerjakan salat ini," tutupnya.

(lim/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up