JawaPos Radar

Nobar Super Blue Blood Moon

Komunitas Astronomi Sediakan Teleskop Gratis di Simpang Lima

30/01/2018, 22:35 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Gerhana Bulan
ILUSTRASI (dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Himpunan Astronomi Amatir Semarang (HAAS) akan menyediakan empat teleskop di lapangan Pancasila Simpang Lima untuk memfasilitasi warga yang ingin melihat fenomena super blue blood moon, pada Rabu malam (31/1) besok.

Koordinator HAAS Dwi Lestari mengatakan, dipilihnya Lapangan Simpang Lima sendiri dikarenakan tempat tersebut memang biasa menjadi titik kumpul para warga Kota Semarang. 

Gerhana Bulan
Grafis Gerhana Bulan Total (Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)

"Di Lapangan Simpang Lima juga karena supaya banyak yang datang dan karena memang lebih luas lokasinya daripada tempat pengamatan seperti Taman Tabanas," kata Dwi saat dihubungi, Selasa (30/1).

Untuk diketahui, HAAS sendiri merupakan komunitas astronomi yang dibentuk di Kota Lunpia sejak empat tahun belakangan. Mereka punya puluhan anggota penggemar benda-benda antariksa dari beragam latar belakang pendidikan. 

Lebih lanjut, Dwi menerangkan bahwa pihaknya nanti tak akan memungut biaya sepeser pun alias gratis bagi warga yang ingin menggunakan teleskop untuk menyaksikan fenomena astronomi langka tersebut. "Rencananya berlangsung dari jam 18.30 WIB sampai 22.00 WIB malam," jelasnya.

Dwi pun menjanjikan pemandangan yang tak biasa ketika blue blood moon yang ia sebutkan bertepatan dengan tanggal 14 Jumadil Ula 1439 Hijriyah, besok malam. 

Dirinya memperkirakan fenomena itu sebagai munculnya bulan mirip purnama dengan sinar yang kian meredup. Lalu cahaya tersebut berubah menjadi merah kejingga-jinggaan. 

Selain Simpang Lima, Dwi menambahkan, pengamatan fenomena blue blood moon juga bisa dilakukan di tempat-tempat terbuka seperti Bukit Gombel dan Pantai Marina.

Ia menyatakan proses pengamatan Gerhana Bulan Total sebenarnya bisa dan aman bila dilakukan dengan mata telanjang. "Tapi diusahakan memakai teleskop biar terlihat maksimal," tandasnya.

(gul/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up