JawaPos Radar

Ingin Nobar Gerhana Bulan Total, Catat Waktu dan Tanggalnya

30/01/2018, 17:45 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Gerhana Bulan
ILUSTRASI (dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Rabu (31/1) besok, masyarakat Solo dan sekitarnya dapat menyaksikan fenomena alam langka yakni gerhana bulan blue blood moon.

Gerhana akan terjadi mulai pukul 19.52 sampai dengan pukul 21.08 WIB, dengan puncak gerhana total terjadi pada pukul 20.30 WIB. 

Demikian seperti disampaikan Pengelola Observatorium Pondok Pesantren Modern (PPM) Assalam, Sukoharjo, AR Sugeng Riyadi kepada JawaPos.com, Selasa (30/1).

Gerhana Bulan
Grafis Gerhana Bulan Total (Kokoh Praba Wardani/JawaPos.com)

Gerhana bulan itu bisa dinikmati oleh warga Solo dengan catatan kondisi cuaca cerah. Sugeng menambahkan, gerhana bulan yang akan berlangsung besok merupakan fenomena yang cukup langka. 

"Nanti jarak bulan dengan bumi lebih dekat, sehingga bulan akan terlihat lebih besar 14 persen dari biasanya. Dan fenomena ini akan kembali terjadi pada 2037 mendatang," terang Sugeng.

Mengenai penamaan gerhana bulan sendiri yakni blue blood moon karena dalam sebulan ini terjadi dua kali bulan purnama. 

Sementara untuk blood moon karena nantinya warna bulan seperti merah darah. Menurut Sugeng, hal ini terjadi lantaran adanya proses ketika sinar matahari akan tertutup oleh bumi.

"Nantinya bulan hanya akan mendapatkan pembiasan cahaya dari atmosfer bumi. Inilah yang kemudian menyebabkan warna bulan menjadi merah darah sehingga disebut dengan blood moon," urainya. 

Sugeng menambahkan, untuk menyaksikan fenomena langka ini pihak PPM Assalam menyiapkan 15 teleskop. 10 teleskop adalah buatan para santri dan lima lainnya dari pabrik. Pihaknya pun mempersilakan para warga yang ingin menyaksikan fenomena tersebut agar datang langsung ke Ponpes karena Ponpes mengadakan nonton bareng fenomena ini.

"Kalau ada yang ingin menyaksikan, silakan saja datang ke sini. Nanti kami juga akan mengadakan salat gerhana berjalan di masjid," tandasnya.

(apl/ce1/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up