alexametrics

Atasi Kelangkaan, Ganjar Usulkan Pembuatan Bunker BBM di Karimunjawa

30 Januari 2018, 22:51:01 WIB

JawaPos.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengusulkan agar PT Pertamina mendirikan tempat penyimpanan stok atau bunker bahan bakar minyak (BBM) demi terjaganya kebutuhan energi di kepulauan Karimunjawa, Jepara.

Hal ini diutarakannya sebagai langkah antisipasi atas sering tersendatnya pengiriman pasokan BBM terutama akibat cuaca buruk seperti yang terjadi baru-baru ini. 

“Jangka panjangnya mesti membangun bunker di Karimunjawa untuk menyimpan stok BBM, sehingga pasokannya tidak terganggu seperti sekarang,” ujar Ganjar di Gedung Pascasarjana Unnes, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (30/1). 

Ganjar mengaku sudah mengusulkan hal itu pada PT Pertamina sejak beberapa hari lalu, melihat kondisi cuaca yang tidak bersahabat. Padahal stok BBM di Karimunjawa saat ini sudah habis. “Soal teknis (kapasitas) biar Pertamina yang menghitung,” tambahnya. 

Tempat penyimpanan itu, menurut dia, nantinya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Pulau Karimunjawa, sehingga tidak ada kekhawatiran akan kehabisan BBM. 

Lebih lanjut, Ganjar memastikan pengiriman stok BBM saat ini segera dilakukan sembari menunggu informasi cuaca dari BMKG. “Mestinya hari ini, tapi karena menurut BMKG cuaca di perairan Karimunjawa tidak mendukung, sehingga besok baru bisa dikirim,” tandasnya. 

Seperti diketahui, cuaca buruk yang terjadi sebulan belakangan telah membuat aktivitas laut di sekitar perairan Jepara menurun. Hal ini turut berimbas pada tersendatnya pengiriman BBM ke Pulau Karimunjawa.

Warga di kepulauan Karimunjawa sendiri sudah sejak sepekan terakhir mengeluhkan susahnya mendapatkan BBM. Sebab, sejak 18 Januari 2018, SPBU di Karimunjawa kehabisan stok BBM dimana pengiriman terakhir sendiri dilakukan pada 15 Desember 2017 lalu. 

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)

Atasi Kelangkaan, Ganjar Usulkan Pembuatan Bunker BBM di Karimunjawa