alexametrics

Tak Hanya Tongkang, Kapal TB Toko Maju Tenggelam di Kepulauan Seribu

29 Desember 2018, 12:10:24 WIB

JawaPos.com – Cuaca buruk di perairan Kepulauan Seribu, ternyata tak hanya menghanyutkan kapal tongkang. Namun ada pula Kapal TB Toko Maju yang tenggelam pada Kamis (27/12) lalu. Namun keduanya telah dievakuasi pada Jumat (28/10) malam.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Sigit Widjatmoko menyatakan, ada dua kecelakaan yang penyebabnya adalah cuaca buruk. Alhasil dikabarkan, tongkang hanyut dan tug boat tenggelam. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Jadi memang ada 2 laka yang terjadi sesuai info di lapangan TB Toko Maju tenggelam sekitar 14 mil dari Priok, 10 awak kapal sudah di evakuasi oleh TB Billiton 288 tujuan Marunda,” ungkapnya kepada JawaPos.com, Sabtu (29/12).

Sigit menyatakan cuaca buruk ini sangat berbahaya bagi yang melakukan aktivitas pelayaran. Sebelumnya diketahui juga Tongkang Cinta Aura hanyut dari Pulau Harapan menuju Tanjung Pasir.

“Tim SAR dan KN 348 masih monitor di laut hingga saat ini, jika ada info selanjutnya nanti akan disampaikan ya,” pungkasnya.

Atas kejadian ini, Sigit meminta agar para nakhoda maupun nelayan dapat menaati aturan tidak berlayar dahulu hingga cuaca membaik. Sebab, jika tidak taruhannya dapat menelan korban jiwa.

Sebelumnya diberitakan cuaca buruk yang terjadi belakangan membuat gelombang di sejumlah perairan tinggi yang membayakan bagi pelayanan. Bahkan dikabarkan ada tongkang yang hanyut di sekitar perairan Kepulauan Seribu.

Hal ini pun dikonfirmasi kebenarannya oleh Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Sigit Widjatmoko. Namun pada Jumat (28/12) malam tongkang tersebut sudah ditemukan dan dievakuasi oleh Tug Boat Nusantara Regas.

“Info tersebut benar. Tongkang yang hanyut sudah diketemukan semalam dievakuasi oleh Tug Boat Nusantara Regas,” tuturnya kepada JawaPos.com, Sabtu (29/12).

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (rgm/JPC)



Close Ads
Tak Hanya Tongkang, Kapal TB Toko Maju Tenggelam di Kepulauan Seribu