alexametrics
Kasus Tabrak Lari Eko Prasetio

Ditanya soal BAP, Terdakwa Iwan: Saya Diarahkan oleh Penyidik

29 November 2018, 21:21:24 WIB

JawaPos.com – Sidang kasus dugaan pembunuhan Eko Prasetio, dengan terdakwa Iwan Adranacus kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Solo, Kamis (29/11). Sidang yang dipimpin Hakim Ketua Krisbon Lumbangaul mengagendakan pemeriksaan terdakwa.

Dalam persidangan tersebut terdakwa banyak melakukan penyanggahan terhadap keterangannya yang pernah disampaikan dalam berkas acara pemeriksaan (BAP). Kepada majelis hakim, Iwan mengaku diarahkan oleh penyidik saat memberikan keterangannya.

Selain itu, banyak persepsi yang dinilainya berbeda antara yang dimaksud dengan yang dipikirkan oleh penyidik Polresta Solo. “Saya diarahkan oleh penyidik, persepsi yang saya maksud berbeda dengan penyidik. Katanya keterangan saya, nanti saja dipertanggungjawabkan di persidangan,” terang Iwan saat menanggapi pertanyaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) Satriawan Sulaksono.  

Tidak hanya satu keterangan saja yang disanggah oleh terdakwa. Melainkan ada beberapa keterangannya yang disanggah saat persidangan berlangsung. Seperti keterangannya di berkas nomor 11 yang menyebutkan dirinya memepet korban dari samping kanan.

Menurut terdakwa, yang dimaksud memepet tersebut bukan seperti yang dibayangkan oleh penyidik. “Saat itu saya berusaha untuk tetap berkomunikasi dengan korban melalui bahasa tubuh, dan posisi saya ingin mendahului dari kanan. Dan bukan memepetnya seperti ini,” ucap Iwan sembari memperagakan menggunakan tangannya.

Tidak hanya itu, dirinya pun banyak membantah hasil rekonstruksi. Terutama saat ada adegan bahwa korban sempat terlindas ban belakang mobilnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Ditanya soal BAP, Terdakwa Iwan: Saya Diarahkan oleh Penyidik