alexametrics

Dinas SDA Sebut Genangan di Fatmawati Karena Beton MRT Tutup Saluran

29 November 2018, 13:31:50 WIB

JawaPos.com – Memasuki musim hujan, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta menyiagakan satgas untuk menangani genangan di ibu kota. Karena genangan kerap muncul saat hujan deras mengguyur, salah satu penyebabnya karena beberapa pembangunan proyek pembangunan.

Kepala Dinas Sumber Daya Air Jakarta DKI Jakarta Teguh Hendarwan mencontohkan, genangan air yang terjadi di Fatmawati terjadi karena pembangunan saluran air belum selesai dan adanya pembangunan MRT. Sehingga terjadi antrian air, karena curah hujan cukup tinggi.

“Genangan itu bisa karena antrian air yang terjadi, di situ kan ada pembangunan MRT,” tuturnya kepada JawaPos.com, Kamis (29/11).

Ia menambahkan adanya pembangunan proyek juga berpengaruh terhadap kelancaran aliran air. Karena tak jarang saluran air tertutup dengan beton dari pembangunan proyek.

“Intensitas hujan (tinggi) airnya kan masuk ke tali air. Pastinya kesaluran tersebut masuknya antri, juga karena faktor di dalam saluran seperti sampah. Utilitas tertutup oleh coran beton pembangunan MRT,” jelasnya.

Namun, Teguh mengatakan penanganan banjir di Jakarta seperti genangan tiap tahunnya mengalami perkembangan yang jauh lebih baik. Buktinya, titik genangan banjir yang semakin berkurang dibandingkan daerah lain.

“Gini deh logikanya kalau genangan berjam-jam apalagi banjir pasti sudah jadi viral kan itu di Fatmawati semata kaki loh bukan sebetis,” kata Teguh.

Walau begitu, Teguh tetap menyiapkan langkah antisipasi yaitu menyiagakan satgas pasukan biru di lokasi. Lalu, pengurasan dan perbaikan saluran yang dimaksud, mengangkat puing sampah bekas coran agar air dapat lancar mengalir.

Sementara itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar menyangkal jika banjir di Jalan Fatmawati karena pembangunan proyek MRT. Pihaknya meminta jangan ada saling menyalahkan antarpihak.

“Oh enggak lah, tapi ya kalau ada banjir tugas kita sama-sama gitu, bukan saling nyalahin, kita lihat mana yang kurang,” kata William.

Dirinya bahkan mengklaim bahwa pembangunan MRT di kawasan tersebut sudah selesai. Namun pihaknya tetap akan mencari tahu penyebab genangan bersama dengan SKPD terkait. Sehingga bisa diambil langkah untuk penanganannya. 

“Yang di Jalan Fatmawati setahu saya semuanya sudah selesai, nggak ada lagi yang nggak selesai. Makanya kita harus lihat apa penyebabnya nanti kita proses. Apa ada penyumbatan ke drainase utama, itu harus dicek semua,” tandasnya.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (rgm/JPC)



Close Ads
Dinas SDA Sebut Genangan di Fatmawati Karena Beton MRT Tutup Saluran