alexametrics

ACT-MRI Gelar Diklat SAR Siaga Bencana

29 November 2018, 11:09:58 WIB

JawaPos.com – Aksi Cepat Tanggap dan Masyarakat Relawan Indonesia (ACT-MRI) menggelar Pendidikan dan Pelatihan SAR. Kegiatan berlangsung di Kota Binjai dan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut).

Seluruh relawan di Sumut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Ada pula relawan dari luar Sumut yang menjadi peserta. Di antaranya perwakilan dari Aceh, Sumatera Barat (Sumbar), Riau dan Kepulauan Riau (Kepri).

“Hari pertama, pelaksanaan Diksar akan dilakukan di Kantor KNPI Kota Binjai,” kata salah satu instruktur disaster manajemen ACT Yadi dalam keterangannya, Kamis (29/11).

Kemudian di hari yang sama, kegiatan akan berlanjut di Kabupaten Langkat. Tepatnya di Danau Karona Sakti, Dusun Pamah Simelir, Desa Telagah, Kecamatan Bingei, Kabupaten Langkat.

Di lokasi yang terdapat kolam mata air menyerupai danau itu para relawan akan berkemah. Relawan akan digembleng mengenai SAR. Materi pelatihan meliputi pengenalan dasar, tali temali, navigasi darat, water rescue, fire rescue dan vertical rescue.

Salah satu instruktur, Cipto menjelaskan, kegiatan ini sebagai langkah dasar dalam penyiapan skil personal para relawan. Khususnya relawan ACT-MRI. Sehingga para relawan kedepannya akan survive dan memahami disaster management dan rescue kebencanaan.

Relawan akan dapat mengetahui dan memahami tugas dan tanggung jawabnya. Serta mengetahui risikonya menjadi seorang relawan dan mengetahui bagaimana mengurangi dampak yang ditimbulkan bencana. Khususnya kerugian jiwa dan ekonomi.

“Kedepannya, kegiatan ini akan membentuk displin dan jiwa korsa yang kemudian akan lahir para relawan-relawan yang tangguh dari ACT-MRI” kata Yadi.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (pra/JPC)



Close Ads
ACT-MRI Gelar Diklat SAR Siaga Bencana