alexametrics

Marak Kabar Hoax Soal Banjir, Wali Kota Solo: Dosa Itu

29 November 2017, 15:11:03 WIB

JawaPos.com – Kabar palsu atau hoax terkait bencana banjir yang melanda kawasan Kota Solo dan sekitarnya, sempar marak beredar di kalangan masyarakat. Bahkan, ada yang menyebarnya foto banjir di Jalan Slamet Riyadi, Solo.

Wali Kota Solo F. X. Hadi Rudyatmo mengutuk orang yang dengan sengaja menyebarkan foto bohong tersebut. Sebab foto itu dampaknya cukup besar dan membuat masyarakat Solo serta sekitarnya resah.

“Akibat foto hoax itu, dari Jakarta telepon saya. Masyarakat di Solo juga resah telepon semua. Lha kalau Slamet Riyadi banjir, ya bubar tho,” terangnya kepada JawaPos.com, Rabu (29/11).

Untuk itu, Rudy meminta kepada semua pihak untuk tidak menyebarkan berita hoax. Termasuk bagi masyarakat jangan ikut-ikutan untuk menyebarkan foto yang belum tentu kebenarannya. Karena itu juga ikut membuat resah. “Sudahlah jangan menyebar hoax, dosa itu. Kalau diterus-teruskan membuat keresahan, nanti dapat perhatian dari Tuhan,” ungkapnya.

Rudy mengakui bahwa banjir memang terjadi beberapa lokasi. Tetapi, kondisi ini tidak terlalu parah dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Salah satunya adalah setelah adanya pembangunan parapet di sepanjang Sungai Bengawan Solo.

“Dengan adanya parapet ini pengaruhnya sangat besar, banjirnya sudah banyak berkurang. Kalau yang masih terjadi itu di bantaran karena memang masih ada beberapa warga yang tinggal,” terangnya.

Sementa itu, anggota Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Kelurahan Sewu Budi Utomo menuturkan, saat ini pihaknya masih terus melakukan pemantauan. Khusunya di kawasan bantaran Sungai Bengawan Solo.

Editor : admin

Reporter : (apl/JPC)



Close Ads
Marak Kabar Hoax Soal Banjir, Wali Kota Solo: Dosa Itu