alexametrics

Mengenal Samba Bikers, Pemandu Canggih BTN Tour de Borobudur 2018

29 Oktober 2018, 15:30:38 WIB

JawaPos.comBTN Tour de Borobudur 2018 bakal kembali digelar 3 sampai 4 November 2018 mendatang. Berbagai persiapan dilakukan demi kelancaran pesta bersepeda yang diikuti ribuan bikers ini. Salah satunya melalui penciptaan aplikasi Samba Bikers.

Koordinator kegiatan BTN Tour de Borobudur 2018 Hendra Dharmanto mengatakan, kehadiran aplikasi berbasis android ini diperuntukkan guna mendukung para peserta melintasi rute pegunungan dan pedesaan. Hingga menjajal jalan tol baru Batang-Semarang sepanjang 35 kilometer.

Hendra menjamin, BTN Tour de Borobudur bakal menjadi kegiatan bersepeda pertama di Indonesia yang menyediakan layanan aplikasi canggih itu. “Di aplikasi ada rute lengkap dan menggunakan GPS. Jadi peserta tidak akan tersesat. Begitu juga untuk fitur tim medis dan mekanik, tinggal menekan tombol bantuan nanti akan ada panitia yang membantu,” kata Hendra, Semarang, Senin (30/10).

Dengan adanya aplikasi ini, panitia juga dapat melakukan penjemputan manakala peserta tersesat di tengah perjalanan. Aplikasi Samba Bikers sendiri hanya bisa diakses oleh peserta yang sudah teregistrasi melalui nomor telepon.

Harapannya, para bikers baik dari Indonesia maupun mancanegara mampu memanfaatkannya aplikasi canggih ini dengan optimal. Pasalnya, rute yang disiapkan panitia memang jalur baru yang menantang. 

Mengambil tema ‘Banyak Jalan Menuju Borobudur’ para bikers diarahkan menembus indahnya alam Jawa Tengah sebelum disambut Candi Borobudur. Tempat-tempat wisata yang akan dilewati antara lain, Klenteng Sampokong, Goa Kreo, Plantera Kendal, Perkebunan Ngobo, Rawa Pening, Kawasan Kopeng dan kawasan pedesaan di sepanjang rute.

“Peserta dari luar kota ada dari Jerman, Perancis, Jepang, Australia dan Belanda,” sambungnya.

Sementara itu, pada kegiatan kali ini Bank BTN yang merupakan sponsor utama juga menggelar program Bike for Charity Palu, Sigi & Donggala. “Melalui program tersebut, setiap kilometer yang dilalui para peserta akan dikonversikan menjadi rupiah dan akan disumbangkan bagi korban bencana gempa,” kata Hendra menerangkan.

Hingga saat ini tercatat lebih dari dua ribu orang siap meramaikan salah satu kegiatan yang juga didukung FWD dan Djarum Foundation itu. Baik dari Kategori A 200Km , B 100Km, maupun kategori VVIP.

“Kami berharap semua peserta mampu menyelesaikan rute yang telah disiapkan. Progran bike for charity diharapkan juga menambah motivasi para peserta. Saat ini persiapan sudah mencapai 90 persen,” tandasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)

Close Ads
Mengenal Samba Bikers, Pemandu Canggih BTN Tour de Borobudur 2018