alexametrics

Demi Pangkas Masa Kurungan, Terpidana Pungli Bayar Denda Rp 30 Juta

29 Oktober 2018, 15:13:26 WIB

JawaPos.com- Setelah divonis penjara 1 tahun 10 bulan, dua oknum petugas PJR Dinas Perhubungan Kota Solok, Sumatera Barat (Sumbar) yang terbukti melakukan pungli retribusi dituntut membayar denda. Jumlah dendanya senilai Rp30 juta.

Kepala Kejari Solok Aliansyah mengatakan, pembayaran denda Rp30 juta dari masing-masing terpidana JA dan I. Denda itu dibayarkan oleh perwakilan pihak keluarga masing-masing. Uang tersebut disetorkan ke Jaksa Kejari Solok untuk setorkan langsung ke kas negara, Senin (29/10).

“Pembayaran denda ini sesuai keputusan majelis hakim dalam sidang putusan Tipikor Padang,” kata Aliansyah didampingi Kasi Pidsus Wahyudi Kuwoso saat menerima pembayaran denda di aula Kejari Solok, Senin (29/10).

Denda tersebut adalah subsider alias pengganti masa kurungan bagi kedua terpidana. Jika tidak membayar denda, maka keduanya wajib menjalani dua bulan masa kurungan selanjutnya.

Aliansyah mengatakan, keputusan itu tertuang dalam petikan keputusan pengadilan Tipikor pada pengadilan Negeri Kelas I-A Padang dengan nomor surat 16/pid.sus-TPK/2018/PN pdg dan surat nomor 17/pid.sus-TPK/2018/PN pdg. “Keduanya sudah menjalani penahanan di Rutan Anak Air Padang sejak kasus ini bergulir,” katanya.

Sebelumnya, pada penghujung Januari 2018 lalu, tim Saber Pungli Kota Solok menciduk dua oknum petugas TPR Dishub kota Solok. Mereka melakukan tindak pidana pungli dalam penarikan retribusi angkutan di pos TPR terminal kota Solok.

Dari tangan kedua pelaku, petugas mengamankan barang bukti (BB) berupa uang tunai sebesar Rp. 3,69 juta. Uang itu merupakan hasil retribusi dari tanggal 30-31 Januari 2018.

Petugas juga mengamankan blangko setoran yang sudah diisi. Nominalnya sebesar Rp. 2,7 juta. Uang itu disiapkan untuk disetorkan pada bendahara penerima. Petugas juga menyita 4 bendel tindak bukti pembayaran retribusi terminal.

Setelah menjalani proses persidangan, kedua terdakwa akhirnya divonis bersalah dan dipidana penjara selama 1 tahun 10 bulan. Vonis dijatuhkan pada September 2018 lalu.

Editor : Dida Tenola

Reporter : (rcc/JPC)

Demi Pangkas Masa Kurungan, Terpidana Pungli Bayar Denda Rp 30 Juta