alexametrics

Bantu Evakuasi Korban Lion Air, Basarnas Jateng Kirim Regu Penyelamat

29 Oktober 2018, 22:11:03 WIB

JawaPos.com – Badan SAR Nasional Provinsi Jawa Tengah memberangkatkan sejumlah personel ke lokasi jatuhnya pesawat Lion Air JT-610, Senin (29/10) malam. Mereka bakal bergabung dengan regu SAR yang sudah berada di kawasan Pantai Pakis Jaya, Perairan Tanjung, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Aris Sofingi, Kepala Basarnas Jawa Tengah mengatakan, tim penyelam yang diberangkatkan terdiri dari beberapa regu. Total, ada 26 personel yang bakal membantu evakuasi korban kecelakaan jatuhnya pesawat Lion Air JT-610.

“Personel yang diberangkatkan terdiri atas 15 personel ABK KN SAR Sadewa, enam rescuer dengan lima kualifikasi selam. Serta lima personel dari POSSI (Persatuan Olahraga Selam seluruh Indonesia),” ujarnya Senin (29/10).

Selain itu, Basarnas Jateng juga mengirimkan satu unit kapal 40 Meter KN SAR Sadewa. Serta dua unit perahu karet yang dilengkapi peralatan selam.

“Kapal Sadewa akan diberangkatkan malam ini. Diharapkan akan tiba di lokasi kejadian pada esok pagi dan langsung bergabung dengan tim yang sudah ada dilokasi untuk melakukan pencarian” pungkas Aris.

Humas Basarnas Jateng, Zulhawary Agustianto, menambahkan, tim yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, diperkirakan menempuh perjalanan selama sepuluh jam untuk mencapai lokasi. “Kalau kecepatan 20 knot sampai sana (Karawang) sekira sepuluh jam. Nanti kita akan langsung bergabung dengan tim SAR di sana,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kabar nahas tersiar dari dunia penerbangan Indonesia. Pesawat Lion Air JT-610 tujuan Cengkareng-Pangkal Pinang jatuh saat masih berada di daerah Jawa Barat. Burung besi itu diketahui saat lepas landas mengangkut 181 penumpang, termasuk di dalamnya sejumlah pegawai Kemenkeu.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Bantu Evakuasi Korban Lion Air, Basarnas Jateng Kirim Regu Penyelamat