alexametrics

TNI Kirim 6 Ton Alkes ke Sulteng

29 September 2018, 09:37:06 WIB

JawaPos.com – TNI mulai menggerakkan bantuan untuk korban bencana di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah. Satu unit pesawat Hercules dari Lanud Abdulrachman Saleh diterbangkan.

Pesawat Hercules dari Skadron Udara 32 itu mengangkut 102 pasukan dari Yonkes/2 Divisi 2 Kostrad. Selain pasukan, pesawat juga membawa perlengkapan. Yakni, satu kompi rumah sakit lapangan lengkap dengan alat kesehatan (alkes). Total ada 6 ton alkes yang diangkut.

“Abdulrachman Saleh ada perintah dari Panglima TNI untuk standby-kan pesawat membantu bencana di Donggala dan Palu. Hercules untuk mendukung Yonkes yang merupakan bagian dari pasukan pemukul reaksi cepat TNI,” kata Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Andi Wijaya di runway Lanud Abdulrachman Saleh usai pemberangkatan, Sabtu (29/9).

Beberapa pesawat angkut berat C13 Hercules di Skadron Udara 32 dan pesawat angkut ringan Cassa 212 di Skadron Udara 4, juga sudah disiagakan. Alutsista itu siap setiap saat untuk menjalankan misi kemanusiaan ke Palu dan Donggala.

Keberangkatan pasukan dilepas langsung Panglima Divisi 2 Kostrad Mayjen TNI Marga Taufik. Pasukan dari Divisi 2 Kostrad Malang sebanyak satu kompi ini merupakan satuan tugas gelombang pertama untuk membawa misi kemanusian.

Rencananya, personel TNI mendirikan rumah sakit lapangan, dapur secara maksimal dengan menyesuaikan kondisi lapangan. Pasukan yang diberangkatkan ini, dua minggu lalu baru pulang dari Lombok untuk membantu korban gempa. “Namun karena tugas yang harus dilaksanakan, inilah esensi dari seorang prajurit. Tugas adalah kehormatan,” imbuh Taufik.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (tik/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
TNI Kirim 6 Ton Alkes ke Sulteng