alexametrics

Jokowi Terus Pantau Gempa dan Tsunami di Sulteng

29 September 2018, 09:23:44 WIB

JawaPos.com – Gempa bumi berkekuatan 7,4 Skala Richter mengguncang Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut memantau perkembangan terkini. Jokowi juga sudah menginstruksikan Menkopolhukam Wiranto dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk segera melakukan penanganan.

“Saya dan kami semua ikut berduka atas terjadinya gempa dan tsunami di Donggala, Palu dan sekitarnya,” terang Jokowi saat menyampaikan pernyataan resmi di kediamannya di Solo, Jumat (28/9) malam.

Jokowi sudah mendapatkan informasi mengenai kondisi di Donggala dan Palu dari Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB). Meski informasi tersebut belum semuanya. Mengingat gempa dan tsunami juga membuat jaringan telepon terganggu. Sehingga tidak mudah untuk mendapatkan informasi langsung mengenai kondisi secara menyeluruh.

Sementara itu, Jokowi memerintahkan kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk segera memberikan penanganan terhadap para korban. “Segera melakukan penanganan darurat. Baik pencarian korban, evakuasi dan menyiapkan segala kebutuhan dasar yang diperlukan para korban,” ungkapnya.

Jokowi berharap bisa secepatnya mendapatkan informasi secara menyeluruh mengenai kondisi di lokasi gempa saat ini. Untuk itu, dirinya terus memantau setiap perkembangan yang terjadi meskipun saat ini tengah berada di solo.

“Setiap menit, setiap jam, saya selalu mengikuti peristiwa yang terjadi dari sini. Saya berharap bisa mendapatkan penjelasan secara penuh. Baru bisa menentukan rencana,” tandas mantan Wali Kota Solo tersebut.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (apl/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Jokowi Terus Pantau Gempa dan Tsunami di Sulteng