alexametrics

Gempa Donggala, Pemerintah Diminta Tetapkan Bencana Nasional

29 September 2018, 17:13:43 WIB

JawaPos.com – Gempa bumi berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat (28/9). Pemerintah diminta segera menetapkan musibah itu sebagai bencana nasional. Sehingga penanganan dan rehabilitasi daerah dan korban bisa lebih cepat.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPR Fadli Zon. “Pertama, kami ikut berduka cita. Semoga masyarakat Palu tabah. Kami juga minta pemerintah cepat tanggap dengan dibuatkan mitigasi bencana. Lalu dijadikan bencana nasional, sehingga penangganan cepat dan rehabilitasinya cepat,” kata Fadli Zon usai deklarasi #Ganti Presiden di Hotel Imelda, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (29/9).

Fadli menjelaskan, gempa yang menimbulkan tsunami memiliki dampak yang sangat besar. Bahkan samapai tak bisa berkomunikasi dengan pemerintahan provinsi.

“Mudah-mudahan hari ini ada kabar, tidak bertambah korban. Kalau menurut saya, kami lihat situasi di lapangan seperti apa. Kalau memang tadi korbannya cukup banyak, insfratruktur hancur, dan pemerintah provinsi tidak mampu menyelenggarakan mitigasi, segeralah ditetapkan bencana nasional,” ujar Fadli Zon.

“Kalau persayaratan mencukupi, segera saja bencana nasional. Kan bencana nasional proses penanganannya lebih cepat. Gempa Lombok juga berkali-kali kami usulkan menjadi bencana nasional,” sambung politikus Partai Gerindra itu.

Selama ini, pemerintah dinilai hanya banyak bicara dan kenyataan di lapangan jauh berbeda. “Jangan hanya diucapkan. Kadang-kadang yang diucapkan berbeda di lapangan. Kemarin semuanya katanya beres, di Lombok beres, buru-buru beres, sampai sekarang masih tergantung-gantung dan banyak yang terlantar dari masyarakat korban gempa di Lombok,” cetus Fadli Zon.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (rcc/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Gempa Donggala, Pemerintah Diminta Tetapkan Bencana Nasional