alexametrics

Warga Kelapa Gading-Rawamangun Diajak Uji Operasi LRT

29 Agustus 2018, 23:22:00 WIB

JawaPos.com – PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta berencana melibatkan lapisan masyarakat dalam uji coba operasi keretanya. Rencananya, warga RT dan RW sekitar Kelapa Gading, Jakarta Utara dan Rawamangun, Jakarta Timur yang akan diundang anak perusahaan daerah PT Jakarta Propertindo itu.

Direktur Utama PT LRT Jakarta Allan Tandiono mengatakan, warga serta komunitas yang berada di wilayah tersebut telah terdampak pembangunan infrastruktur selama 2,5 tahun ke belakang. Dia ingin mengundang mereka melalui kelurahan atau wali kota.

“Kominitas yang ada di sekitar proyek LRT harus diundang dulu, karena selama 2,5 tahun ini kan mereka yang benar-benar merasakan ketidaknyamanan kontruksi. Kita akan undang juga RW RT sekitar,” ujarnya usai uji coba operasi LRT di Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (29/8).

Alasannya, dia ingin memberikan kesempatan bagi masyarakat yang terdampak itu menikmati transportasi yang baik melalui LRT. Oleh karena itu, pihaknya berusaha membujuk Pemprov DKI agar mewujudkannya sesegera mungkin.

“Harusnya secepatnya, minggu ini harusnya sudah ada lampu hijau dari Pemprov untuk menyebarkan undangan, kan kita masih ada waktu uji sampai pertengahan September untuk menguji operasikan,” tutur dia.

Selain komunitas dan warga setempat, Allan juga akan mengundang pegawai dari berbagai instansi pemerintah. Di samping itu, pelajar pun tak luput menjadi sasaran pengenalan moda transportasi berbasis rel yang baru pertama ada di ibu kota tersebut.

“Warga Kelapa Gading, Pulo Mas, Kayu Putih velodrum, terus kita juga akan mengundang kementerian terkait, dinas terkait, dan mungkin juga kampus dan sekolahan,” paparnya.

Sebagai informasi, setelah mendapat rekomendasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Selasa (21/8) lalu, LRV akan dijalankan setiap Senin-Jumat mulai pukul 14.00-17.00 WIB. Kegiatan tersebut berlangsung hingga 20 September mendatang.

Selama uji coba, baru dua stasiun yang berfungsi, yakni Velodrome dan Boulevard Utara. Lintasan LRT fase I itu memiliki panjang 5,8 kilometer dengan enam stasiun pemberhentian. Pembangunan proyek tersebut menghabiskan anggaran mencapai Rp 7,4 triliun.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (yes/JPC)

Warga Kelapa Gading-Rawamangun Diajak Uji Operasi LRT