JawaPos Radar

Gunungkidul Diguncang Gempa 5,8 SR

29/08/2018, 10:31 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
gempa bumi
ILUSTRASI: Gempa bumi (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Gempa bumi berkekuatan 5,8 skala richter (SR) mengguncang kawasan Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Rabu (29/8) pukul 1.36 WIB. Peristiwa sempat membuat warga panik. Hingga kini belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa.

"Sampai pagi ini belum ada laporan kerusakan. Dirasakan hampir seluruh wilayah di Gunungkidul, dan warga sempat keluar rumah karena panik," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul Edy Basuki.

BPBD Gunungkidul terus berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jogjakarta. Ketika memang ada informasi yang harus diteruskan ke warga, maka segera ditindaklanjuti. "Kami kan ada Pusdalops, ada alat peringatan dini juga. Begitu ada gempa, langsung saya cek ke BMKG. Tidak ada peringatan tsunami," ucapnya.

Berdasarkan keterangan dari BMKG Jogjakarta, pusat gempa berlokasi di laut dengan jarak 114 kilometer arah Selatan Kecamatan Wonosari. Kedalamannya sekitar 62 kilometer.

Gempa itu akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi dibangkitkan deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault).

Sesuai data BMKG dan laporan masyarakat, dampak gempa bumi dirasakan di Kabupaten Bantul, Jogjakarta. Kemudian di Karanganyar, Purworejo, Trenggalek, Wonogiri, Banjarnegara, dan Magelang.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up