JawaPos Radar

Ditangkap KPK, Marsudin Masih Jabat Ketua PN Medan

29/08/2018, 11:43 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Marsudin Nainggolan
Ketua Pengadilan Negeri Medan Marsudin Nainggolan sempat memukul kamera wartawan saat diboyong KPK dari Kejati Sumut, Selasa (29/8) petang. (Prayugo Utomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Komisi Pemberantasan Korupsi menggulung Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan Marsudin Nainggolan. Hingga kini, status Masudin pun masih sebagai ketua.

Humas PN Medan Erintuah Damanik mengatakan, pihaknya memegang azas praduga tak bersalah atas penangkapan tersebut. Sepanjang belum ditetapkan tersangka, Marsudin masih menjabat sebagai Ketua PN Medan.

"Mahkamah Agung juga menyatakan sepanjang belum ada status dari KPK, mereka masih tetap. Kecuali status mereka sudah ditetapkan, nanti ada pemberitahuan sementara. Maka majelis akan diganti," ujar Erintuah, Rabu (29/8).

Terkait tugas-tugas pimpinan di PN Medan, akan dilaksanakan struktur lainnya. Akan ditunjuk hakim senior yang akan melaksanakan tugas pimpinan. Proses persidangan juga tetap berjalan lancar setelah penangkapan empat hakim dan dua panitera PN Medan.

"Sudah ditunjuk kemarin. Yang menunjuk Ketua Pengadilan Marsudin Nainggolan, yang ditunjuk itu Bapak Saryana SH MH. Dengan demikian, tugas-tufas di PN Medan berjalan sebagaimana biasanya," ujarnya.

Kini, KPK menyegel beberapa ruangan. Antara lain ruangan Ketua PN Medan, Wakil Ketua PN Medan, dan meja Sontan Merauke, Merry Purba serta Panitera Pengganti Elfandi. Sebelumnya, KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap empat hakim dan dua Panitera di PN Medan.

OTT itu tersebut berkaitan dengan dugaan suap dalam penanganan kasus penjualan aset negara yang menjerat pengusaha bernama Tamin Sukardi. Hakim menjerat Tamin dengan hukuman 6 tahun penjara.

(pra/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up