alexametrics

Pembangunan Masjid Apung Senilai Rp 40 Miliar Dilanjutkan

29 Juni 2022, 19:13:30 WIB

JawaPos.com–Pembangunan Masjid Apung tahap dua di Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, senilai Rp 40 miliar mulai dilanjutkan. Sebelumnya pembangunan Masjid Apung daerah wisata Pantai Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, itu sempat terhenti.

”Pembangunan masjid tersebut merupakan bantuan dari PT Borneoindo Bara (BIB) menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR)  Rp 40 miliar lebih,” kata Bupati Tanah Bumbu M. Zairullah Azhar seperti dilansir dari Antara di Batulicin, Rabu (29/6).

Dia mengatakan, program CSR PT BIB bersinergi dengan program pemerintah daerah dalam mewujudkan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai kota Serambi Madinah. Salah satu cara mewujudkan hal itu adalah dengan menjalankan program satu desa satu masjid.

”Setiap kegiatan salat, zikir, baca Quran, dan kegiatan anak-anak belajar akan dilakukan di lingkungan masjid sehingga masjid tidak pernah kosong,” terang Zairullah Azhar.

Senior Manager CSR PT BIB Dindin Makinudin menyatakan, proses pembangunan Masjid Apung Ziyadatul Abrar pada tahap pertama. Yakni pemancangan dan pemasangan lantai dasar rampung pada 2021. Kini dilanjutkan pada tahap dua pembangunan konstruksi bagian atas.

”Agar konstruksi bangunan itu lebih kokoh perlu proses tender ulang bagi kontraktor pelaksana pembangunan dengan mengundang kontraktor lokal dan nasional yang berpengalaman untuk pengerjaannya,” ujar Dindin.

Oleh sebab itu, perlu dilakukan revisi kembali terkait penganggaran yang mana semula berkisar Rp 30 miliar menjadi Rp 40 miliar seiring dengan adanya perubahan harga material bangunan.

”Banyak manfaat pembangunan masjid terapung di daerah Siring Pagatan, selain sebagai tempat ibadah juga sebagai ikon wisata religi di Kabupaten Tanah Bumbu,” ucap Dindin.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: