alexametrics

Polisi Pantau Khusus Semampir

29 Mei 2019, 18:49:43 WIB

JawaPos.com – Kemacetan yang sering kali melanda Kecamatan Semampir menjadi atensi kepolisian. Polres Pelabuhan Tanjung Perak memperbanyak personel untuk memantau kawasan Ampel dan sekitarnya. Nanti ada pos tambahan yang disiagakan selama masa mudik Lebaran 2019.

Salah satu pos keamanan bakal dibangun di Jalan KH Mas Mansyur. Pendiriannya tidak hanya untuk memantau arus lalu lintas. Pos juga akan dimaksimalkan untuk keamanan peziarah yang berkunjung ke Makam Sunan Ampel.

“Untuk pos di Jalan KH Mas Mansyur memang baru tahun ini. Pengadaannya didasarkan pada hasil evaluasi,” kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto kemarin (28/5). Pernyataan tersebut disampaikan setelah memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2019. Kegiatan itu dihadiri perwakilan sejumlah instansi.

Selain polisi, ada TNI yang bakal ikut siaga selama mudik. Operasi juga melibatkan pramuka, petugas PMK, dinas kesehatan, dishub, dan satpol PP. Pelaksanaan apel gelar pasukan kemarin diakhiri dengan pemusnahan ribuan miras.

Agus menuturkan, kemacetan di Semampir memang memerlukan penanganan khusus. Sebab jika dibiarkan, dampaknya bisa menjalar ke ruas jalan lainnya. Sejumlah ruas jalur nasional lainnya akan ikut macet jika arus lalu lintas di Ampel dan sekitarnya terganggu.

Berdasar pengamatan Jawa Pos, penyebab kemacetan di Semampir cukup banyak. Tidak hanya tingginya lalu lintas. Keberadaan parkir liar turut membuat jalan raya bermasalah. Selain itu, kemacetan disebabkan peran traffic light di perempatan Pegirian yang tidak maksimal.

Kondisi tersebut terpantau kemarin. Ada kemacetan gara-gara banyaknya kendaraan yang saling menyerobot di perempatan. Itu tidak terlepas dari adanya lampu lalu lintas yang bermasalah.

“Tentunya, kami sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas di Semampir. Nanti ada petugas yang stand by,” tambah Agus. Dia menyebutkan, ada 250 personel kepolisian yang siap berjaga di kawasan utara. Mereka bakal disebar ke sejumlah titik.

Selain Semampir, Polres Pelabuhan Tanjung Perak menyoroti kawasan Jembatan Suramadu. Kabarnya, ada empat penambahan pos keamanan di Jalan Kedung Cowek. Penambahan posko mempertimbangkan tingkat kerawanan Suramadu sebagai jalur utama mudik ke Pulau Madura.

Selain Semampir dan Suramadu, polisi mengawasi ketat Pelabuhan Tanjung Perak. Ada rest area yang didirikan untuk pengemudi. Berbeda dengan tahun lalu, pos area pada tahun ini dipusatkan di U-turn dekat gerbang Terminal Jamrud.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : hen/c6/ano



Close Ads