alexametrics

H+2 Lebaran, Diperkirakan Pulau Derawan Bakal Disesaki Pengunjung

29 Mei 2019, 05:55:39 WIB

JawaPos.com – Pulau Derawan merupakan salah satu surga yang ada di Bumi Batiwakkal, Kalimantan Timur. Nyaris setiap tahun pengunjung membludak mengunjungi pulau tersebut. Terlebih H+2 Idulfitri, bisa dipastikan pengunjung akan datang dari berbagai daerah bahkan dari mancanegara.

Mengantisipasi hal tersebut, Kapolsek Pulau Derawan Iptu Koko Djurmarko menuturkan, pihaknya membangun pos pelayanan untuk antisipasi hal-hal yang tidak dinginkan. Selain membangun pos pelayanan, ia juga membangun pos keamanan.

“Kami juga akan melakukan patroli keliling dan memeriksa barang bawaan pengunjung, hal ini sebagai langkah antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, dan juga memberikan rasa aman kepada wisatawan lain,” ujarnya dikutip dari Kaltim Post (Jawa Pos Group), Rabu (29/5).

Polsek Pulau Derawan membuka pos pelayanan antisipasi lonjakan pengunjung. (Kaltim Post/Jawa Pos Group)

Pihaknya juga akan melakukan sweeping terhadap para motoris speed yang tidak memberikan penumpangnya pelampung. Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, selama Idulfitri jumlah pengunjung mengalami lonjakan yang cukup signifikan.

“Selain itu, kami akan melakukan peneguran terhadap para motoris speed yang melalaikan keselamatan penumpang seperti tidak menggunakan jaket pelampung saat menyebrang dari Tanjung Batu ke Pulau Derawan atau pun bagi turis yang ingin berkeliling pulau,” tegasnya.

Tak hanya itu saja, pengunjung juga diharapkan lebih peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar dan keselamatan.

“Semakin banyak pengunjung biasanya diimbangi dengan banyaknya sampah yang berserakan di wilayah tempat wisata. Namun yang terpenting soal keamanan dan keselamatan pengunjung, juga harus menjadi perhatian,” ujarnya.

Lebih lanjut, Koko menerangkan, akses jalan menuju ke Tanjung Batu pun telah dipasang rambu-rambu didaerah rawan kecelakaan. Maka dari itu ia berharap agar pengunjung yang melalui jalur darat bisa memerhatikan rambu yang telah terpasang agar tidak terjadi kecelakaan.

“Buat pengendara selalu perhatikan rambu yang terpasang, jaga keselamatan dan selalu berhati-hati,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati


Close Ads