JawaPos Radar

DPRD Kota Batam Akan Pantau Higienisitas Produk UKM

29/05/2018, 10:10 WIB | Editor: Bintang Pradewo
DPRD Kota Batam Akan Pantau Higienisitas Produk UKM
Anggota DPRD Kota Batam, Aman (Bobi Bani/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Untuk memastikan berbagai jenis makanan yang sampai ke tangan konsumen berada dalam kondisi baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, Komisi IV DPRD Kota Batam akan melakukan pemantauan langsung. Pemantauan atas produksi makanan yang dilakukan oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) akan dilakukan rutin.

Seperti diketahui bahwa produk-produk UKM kini telah tersebar melalui berbagai gerai yang tersebar di Batam. Sehingga pengawasan terhadap kualitas produk tersebut menjadi sesuatu yang penting.

"Sekarang sudah banyak kita temukan produk-produk ini (UKM) di berbagai gerai, karena memang mereka wajib menerima produk-produk UKM lokal, kita akan pantau ini," kata Anggota DPRD Kota Batam, Aman pada Selasa (29/5).

Aman melanjutkan kehalalan dan higienis atau tidaknya produk akan menjadi pertimbangan penting dalam pantauan yang akan dilakukan langsung ke lokasi dimana produk-produk UKM ini dibuat.

Saat ini Aman menjelaskan bahwa pihaknya masih melakukan pendataan jumlah UKM yang mensuplai makanan di gerai-gerai, super market, dan kawasan lainnya. Setelah proses inventarisir ini dilakukan, baru akan dilakukan inspeksi mendadak (Sidak).

"Sekarang data UKM mana saja yang menyuplai produk akan kita data, kalau sudah akan kita rapatkan dan langsung kita tinjau," kata Aman lagi.

Lebih jauh, aman tidak menjelaskan secara detil jenis-jenis produk makanan apa saja yang akan menjadi perhatian DPRD, namun demikian aa lebih menitikberatkan pada produk-produk yang mengandung bahan pengawet yang penggunaannya harus benar-benar diperhatikan.(bb)

(bbi/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up