JawaPos Radar

Alhamdulilah, Honorer di Palembang Dapat THR Rp 2 Juta

29/05/2018, 16:34 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Alhamdulilah, Honorer di Palembang Dapat THR Rp 2 Juta
Ilustrasi (Dok.JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kabar gembira bagi tenaga Honorer di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Lebaran tahun ini, Pemkot Palembang bakal berupaya mengeluarkan Tunjangan Hari Raya (THR) sebesar Rp 2 juta per orang.

"Besaran Rp 2 juta per honorer itu sesuai dengan gaji per bulannya," kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Palembang, Hoyin Rizmu, Selasa (29/5).

Pemberian THR ini harus sesuai dengan surat edaran dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu) harus melalui tiga syarat yaitu honorer harus memiliki surat keputusan (SK) pejabat berwenang atau kontrak kerja. Kemudian, tersedianya DIPA satker dan besaran biaya sesuai dengan PMK Nomor 49/PMK 02/2017.

"Artinya tidak semua honorer akan mendapatkan THR kecuali yang sudah memiliki surat kontrak dari pejabat setempat seperti walikota dan lainnya," ujarnya.

Sejauh ini, lanjut Hoyin yang masih membingungkan yaitu apakah THR ini dibayarkan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Jika menggunakan APBD, menurutnya bukan suatu permasalahan besar karena memang kondisi keuangan saat ini cukup baik.

"Pokoknya kami akan perjuangkan honorer akan mendapatkan THR," tegasnya.

Nantinya tenaga honorer yang mendapatkan THR yakni lebih dari 2 ribuan. Artinya, dana yang dikeluarkan yaitu besaran THR dikalikan dengan jumlah honorer yakni lebih dari Rp 4 miliar.

"Besaran tahun ini berbeda tahun lalu karena memang gaji honorer meningkat dari Rp 1,5 juta menjadi Rp 2 juta," tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Harobin Mustofa menambahkan pemberian THR bagi honorer di lingkup Palembang ini akan dibahas kembali dalam waktu dekat.

"Jika memang tidak ada persetujuan dari pemerintah pusat, kami akan upayakan dari kebijakan daerah, agar honorer dapat THR jelang lebaran," tutupnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up