alexametrics

322 Penumpang Kereta di Surabaya Refund Tiket

29 April 2019, 17:12:14 WIB

JawaPos.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Jawa Timur (Jatim) berdampak pada perjalanan kereta api (KA). Banjir menggenangi rel KA di KM 59 atau di antara Stasiun Bangil-Pasuruan. Ketinggian air mencapai 15 sentimeter.

Tak pelak, 8 KA mengalami keterlambatan pada Senin (29/4) sejak pukul 09.00 WIB. Bahkan ada dua perjalanan kereta yang terpaksa dibatalkan. Adalah KA Mutiara Timur (KA 87) rute Surabaya Gubeng-Banyuwangi dan KA Tawangalun rute Malang Kota-Banyuwangi.

Sebanyak 322 penumpang yang berangkat dari Surabaya telah mengurus refund tiket. Namun, belum semua penumpang KA Tawangalun yang me-refund tiket. “Sebab KA Tawangalun akan berangkat pukul 16.00 WIB. Para penumpang baru berdatangan untuk me-refund tiketnya pukul 15.00 WIB,” kata Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto.

Selain KA Mutiara Timur dan Tawangalin, ada pula kereta lain yang terdampak. Namun nasibnya lebih beruntung. Sebanyak 7 kereta api hanya mengalami keterlambatan.

PT KAI telah mengupayakan perjalanan pengganti. Yakni dengan mengalihkan penumpang dengan moda transportasi bus. “(Kereta) Yang lainnya mengalami perlambatan. Karena tertahan di antara Bangil dan Pasuruan. Jadi harus melalui proses pola operasi overstapen supaya bisa meneruskan perjalanan,” terang Suprapto.

Kondisi tersebut diperkirakan berlanjut hingga Selasa (30/4) dini hari. Sebab PT KAI Daop 9 Jember masih mengupayakan perbaikan. Yakni, perbaikan batu kerikil rel dan penguatan badan rel kereta di KM 15 +2/3 akibat terendam air. “Estimasi besok, perbaikan baru bisa beres,” katanya.

Berikut daftar KA yang mengalami keterlambatan perjalanan:

1. KA Wijayakusuma relasi Surabaya-Banyuwangi

2. KA Mutiara Timur Malam relasi Banyuwangi-Surabaya

3. KA Ranggajati relasi Jember-Surabaya

4. KA Logawa relasi Jember-Surabaya

5. KA Tawang Alun relasi Banyuwangi-Malang Kota Lama

6. KA Probowangi relasi Surabaya-Banyuwangi

7. KA Sritanjung relasi Banyuwangi-Lempunyangan

8. KA Mutiara Timur Siang relasi Banyuwangi-Surabaya

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Aryo Mahendro



Close Ads