alexametrics

Jelang Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok di Jember Naik

29 Maret 2022, 15:44:30 WIB

JawaPos.com–Harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tradisional Kabupaten Jember, Jawa Timur, mulai merangkak naik. Itu terjadi menjelang datangnya bulan suci Ramadan seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat.

”Beberapa kebutuhan pokok yang harganya merangkak naik di antaranya telur ayam ras, gula pasir, daging ayam ras, dan minyak goreng kemasan,” kata Samik, salah seorang pedagang seperti dilansir dari Antara di Pasar Tanjung Jember, Selasa (29/3).

Harga telur ayam ras merangkak naik sejak sepekan lalu dari Rp 22.000 menjadi Rp 24.000 per kilogram, gula pasir dari Rp 13.000 menjadi Rp 13.500 per kilogram, daging ayam ras dari Rp 32 ribu menjadi Rp 34 ribu per kilogram, dan minyak goreng kemasan dari Rp 23 ribu menjadi Rp 26 ribu per liter.

”Biasanya harga sejumlah kebutuhan pokok naik menjelang Ramadan karena meningkatnya permintaan masyarakat. Itu terjadi hampir setiap tahun, namun kenaikannya masih wajar,” tutur Samik.

Hal senada juga disampaikan pedagang bumbu dapur Halimah yang mengatakan, ada kenaikan harga yakni bawang merah dan cabai. Hal itu seiring dengan pasokan yang kurang dari petani.

”Harga bawang merah naik dari Rp 28 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogram dan harga cabai rawit mengalami kenaikan dari Rp 39 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram,” terang Halimah.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads