alexametrics

Polisi Tangkap 3 Spesialis Jambret di Villa Mewah

29 Januari 2019, 16:52:49 WIB

JawaPos.com – Pelaku kejahatan yang kerap menyasar kaum perempuan sebagai mangsanya diringkus Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Pekanbaru. 3 spesialis jambret itu, ditangkap saat berada di villa mewah Jimbaran Baliview, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Riau, pekan lalu.

Ketiga tersangka adalah, Muhammad Alharis Putra, 19; Idil Fitra Hadi, 20; dan Sugianto, 24. “Salah satu tersangka merupakan DPO dengan kasus yang sama. Jambret juga, yaitu AP (Alharis Putra). Dia sudah lama kami lidik,” kata Kanit Buser Polresta Pekanbaru Ipda Rachmat Wibowo, Selasa (29/1) siang.

Dari hasil interogasi terhadap ketiganya, mereka mengaku sudah menyewa villa mewah tersebut selama satu bulan. Uang yang dibayarkan untuk menyewa villa itu diperoleh dari hasil jambret di 10 tempat kejadian perkara (TKP).

Polisi Tangkap 3 Spesialis Jambret di Villa Mewah
Kanit Buser Polresta Pekanbaru, Ipda Rachmat Wibowo (kemeja kotak-kotak) saat menggelar ekspos pengungkapan 3 tersangka jambret yang beraksi di 10 TKP di Pekanbaru, Riau, Selasa (29/1) sore. (Virda Elisya/JawaPos.com)

“Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan tindak pidana kejahatan, jambret. Jadi, jambret ini memang dijadikan mereka sebagai mata pencaharian,” ungkapnya.

Dari 10 TKP yang diakui para pelaku, polisi baru merangkum 2 laporan polisi. Pertama dari seorang mahasiswi bernama Rizki Diskuwati, 19, yang dijambret di Jalan Lestari, Kecamatan Bukitraya, pada Jumat (25/1) malam. “Disini yang bermain adalah AP dan IF,” sebutnya.

Kemudian, laporan polisi kedua dengan korban seorang pelajar bernama Nadia Anggraini, 13. Lokasinya di Jalan Dr Soetomo, Kecamatan Limapuluh. “Di TKP kedua yang beraksi AP dan S,” ucap laki-laki yang akrab disapa Bowo ini.

Aksi tersebut katanya, selalu dilakukan para pelaku saat malam hari. Seluruh korbannya adalah kaum hawa. “Kalau barang incaran mereka, ya apa saja yang mereka lihat. Kebanyakan memang handphone yang mereka jambret. Korbannya selalu perempuan. Ada yang terluka (korban) juga akibat aksi mereka ini,” terangnya.‎

Bowo melanjutnya, usai berhasil melancarkan aksinya, hasil jambret mereka jual secara online ataupun ke teman-teman dekat mereka. “Hasil jambret untuk kehidupan mereka sehari-hari. Selain itu digunakan untuk berfoya-foya,” lanjutnya.‎

Dalam penangkapan itu, polisi juga mengamankan 3 orang perempuan. Ketiga perempuan itu, diketahui merupakan pacar masing-masing tersangka. Kini, status ketiga wanita tersebut, wajib lapor ke Polresta Pekanbaru.‎

“Sempat kami amankan. Setelah diinterogasi, mereka tidak ikut terlibat dalam aksi pacar mereka. Mereka saat ini wajib lapor didampingi orang tuanya ke kami setiap hari, ” jelas Bowo.

Ditambahkannya, dalam penangkapan itu, diketahui bahwa HP, S dan IF juga merupakan pemakai narkotika jenis sabu. Hal itu berdasarkan hasil tes urine yang dilakukan oleh polisi terhadap ketiganya.

“Pas tes urine mereka ini positif menggunakan sabu. Karena pas dilakukan penangkapan, kami menemukan bong di tempat yang mereka sewa itu,” tambahnya.

Atas perbuatannya, ketiga tersangka dijerat dengan Pasal 365 ayat (2) KUHP, tentang pencurian dengan kekerasan. Ancamannya maksimal 12 tahun penjara.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Virda Elisya



Close Ads
Polisi Tangkap 3 Spesialis Jambret di Villa Mewah